Rute Road Trip Terpopuler
Pengalaman road trip menjadi pengalaman yang akan memberikan kamu kesempatan untuk menikmati berbagai pemandangan alam yang memesona.
Meskipun perkembangan teknologi, khususnya dalam hal transportasi sudah sangat maju sehingga kamu bisa memakan waktu yang singkat untuk bisa mencapai destinasi tertentu. Namun, bagi kamu yang ingin menikmati setiap momen perjalanan, road trip masih jadi salah satu cara liburan dengan daya tarik tersendiri. Selain jauh dari kerumunan turis, mengemudi di jalanan asing juga memberikan sensasi adventure yang berbeda. Saat road trip, kita juga bisa bersentuhan langsung dengan kehidupan lokal masyarakat di tempat-tempat yang dilewati. Berikut ini beberapa rute road trip yang populer di dunia:
1. Cabot Trail, Kanada
Rute road trip populer di dunia selanjutnya adalah Cabot Trail di Kanada, tepatnya di Provinsi Nova Scotia. Rute sepanjang 298 km ini melingkari Cape Breton Island yang sudah tersohor di kalangan wisatawan. Road trip melalui Cabot Trail kamu bisa melewati Cape Brenton Highland National Park yang merupakan dataran tinggi yang terbelah aliran sungai. Soal pemandangannya, tak perlu dipertanyakan karena pemandangan taman nasional yang menjadi rumah elang gundul hingga beruang hitam ini sangatlah mempesona. Selain itu, di rute road trip ini kamu juga bisa melewati kawasan-kawasan pelabuhan serta desa-desa kecil dengan mayoritas penduduk yang masih menjaga kehidupan tradisional ala Perancis dan Skotlandia. Waktu paling pas untuk melakukan road trip di rute ini adalah musim gugur dimana pemandangan khas musim gugur akan memperindah rute road trip populer di dunia satu ini.
2. Route 66, Amerika Serikat
Iniah jalanan yang disebut the mother road. Tidak berlebihan memang nama yang disandangkan pada Route 66 ini, karena jalan ini memang membentang sepanjang 3.940 kilometer, dimulai dari Chicago di Illinois, melewati Missouri, Kansas, Oklahoma, New Mexico, Arizona, dan berakhir di Santa Monica di California. Kita tidak perlu terlalu ambisius untuk menyusuri seluruh Route 66 ini. Pilih rute yang terdekat saja dari kota singgah pilihan.
Route 66 sangat klasik dan menyimpan banyak sejarah Amerika. Ini adalah jalan utama untuk penduduk Amerika saat bermigrasi ke bagian barat di tahun 1930-an. Tak heran bila di sepanjang jalan, ekonomi pun ikut berkembang. Karena peranannya yang besar dalam sejarah inilah, maka berdiri asosiasi maupun yayasan untuk melestarikan Route 66. Dengan jarak hampir 4 kali Pulau Jawa, bisa dibayangkan betapa kaya pengalaman yang akan didapat. Kehidupan lokal masyarakat di kota-kota kecil yang dilalui, terutama yang masuk ke negara bagian Texas, sungguh menarik dan berbeda dari kota-kota besar AS seperti New York atau Los Angeles. Kalau lelah, tinggal singgah di diner atau resto mungil dengan papan nama neon khas yang banyak terdapat di pinggir jalan. Setelah minum kopi atau makan pancake dengan chocolate milkshake yang lezat, melanjutkan perjalanan pun akan jadi lebih menyenangkan.
3. Scottish Highlands, Skotlandia
Rute roadtrip di dunia yang populer selanjutnya adalah rute menuju Scottish Highlands, Skotlandia. Kepopuleran destinasi wisata satu ini tak lepas dari film James Bond "Skyfall" yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat pengambilan gambar. Bahkan, dataran tinggi di Skotlandia ini sempat menjadi destinasi wisata paling top versi CNN Travel pada 2013. Namun, rute road trip menuju destinasi ini juga menawarkan panorama indah yang tak kalah menarik. Untuk mencapai Scottish Highlands, kamu bisa mulai berkendara dari Glasgow selama 2 jam menuju arah utara ke kota kecil bernama Oban. Sepanjang rute road trip jamu akan melewati Loch Lomond dan juga Trossochs National Park yang akan memberikanmu pemandangan yang sangat indah. Rute road trip lainnya yang bisa kamu coba untuk capai destinasi ini adalah melalui Edinburgh dan melewati jalan A199 atau A1 menuju Musselburgh melewati Sirleton dan North Berwick. Di rute ini kamu akan ditawarkan pemandangan lautan yang indah serta desa-desa kecil. Kamu juga bisa singgah ke reruntuhan 2 buah kastil yang sangat menakjubkan. Dari rute roadtrip ini, kamu bisa juga lanjutkan perjalanan hingga ke utara Scottish Highland untuk menuju Isle of Skye yang merupakan pulau terbesar di Skotlandia dan juga terkenal sebagai destinasi hiking populer karena panorama yang disajikannya sangat menakjubkan.
4. Great Ocean Road, Australia
Road trip ini akan memberi kamu kesempatan untuk melihat berbagai keindahan alam di sekeliling kamu, di mana kamu bisa menemukan 12 Apostles yaitu tumpukan batu kapur yang menjulang tinggi secara berdekatan pada lepas pantai Taman Nasional Port Campbell yang berlokasi di Great Ocean Road, Australia. Selain itu, kamu juga akan melewati air terjun dan hutan hujan yang dipenuhi dengan pakis dan kayu putih yang menjulang tinggi. Nah, kamu bisa memulai perjalanan kamu dari Melbourne yang berjarak 1.5 kilometer dari wilayah timur Torquay yang bisa kamu jadikan sebagai titik awal.
5. Big Sur, Amerika Serikat
Dipisahkan oleh Samudera Pasifik dan Pegunungan Saint Lucia, Big Sur menjadi salah satu destinasi pilihan road trip yang menyediakan atmosfer pesisir California dan perjalanan berkelok-kelok yang akan memberikan kamu kesempatan untuk menikmati berbagai keindahan alam di sekitarnya. Nah, kamu bisa memulai perjalanan road trip kamu dari San Simeon menuju Carmel yang berlokasi di California, di mana kamu bisa melihat pemandangan redwood yang telah berusia panjang sampai dengan paus yang bermigrasi menuju mercusuar.
Itulah rute road trip yang populer di dunia. Semoga bermanfaat!