Tanaman Musim Dingin
Musim dingin menjadi tantangan tersendiri bagi petani di negara dengan empat musim.
Pepohonan di kawasan barat laut Amerika Utara, yang merupakan kawasan dengan ukuran batang tertinggi di dunia, menghadapi ancaman besar, justru di musim dingin. Hal ini tidak sesuai dengan anggapan ilmuwan bahwa pohon lebih merana di musim panas. Dari sebuah studi yang dilakukan, terungkap bahwa pepohonan di sana mengalami krisis air di musim dingin. Menurut peneliti dari Oregon State University dan US Forest Service, meski pepohonan itu berdiri tegak di sekitar kawasan danau, namun mereka tidak mendapatkan pasokan air karena aliran air membeku. Meski penyebabnya berbeda dengan krisis air di musim kering, hasil akhir krisis tersebut serupa.
Rupanya tanaman juga punya cara untuk bertahan hidup meski suhu udara bisa membuat membeku kedinginan. Mereka melakukan aktivitas yang namanya dormancy. Dormancy ini merupakan aktivitas yang mirip dengan hibernasi, di mana segala proses kehidupan yang ada di dalam tubuh tanaman berjalan lebih lambat dari biasanya. Hal ini termasuk pemakaian energi, metabolisme, bahkan pertumbuhan. Ketika daun pohon gugur dan menjadi gundul, inilah tahap pertama dari dormancy. Pohon menggugurkan daunnya karena mereka tidak memasak makanan selama musim dingin. Zat penting yang mendukung proses ini bernama ABA (Abcisic acid).
Dari sebuah studi yang dilakukan, terungkap bahwa pepohonan di sana mengalami krisis air di musim dingin. Menurut peneliti dari Oregon State University dan US Forest Service, meski pepohonan itu berdiri tegak di sekitar kawasan danau, namun mereka tidak mendapatkan pasokan air karena aliran air membeku. Meski penyebabnya berbeda dengan krisis air di musim kering, hasil akhir krisis tersebut serupa. Pohon punya kemampuan lebih baik mengatasi kesulitan air di musim panas dibandingkan musim dingin. Saat musim panas, mereka menutup stomata (lubang pori-pori di daun atau bagian pohon lainnya), menyimpan air, dan mengurangi fotosintesis serta pertumbuhan. Di kawasan perairan dengan curah hujan mencapai 2 meter per tahun, McCulloch dan timnya melihat pohon dengan xilem (selaput kayu) di cabang-cabang kecil di bagian atas tidak bisa menyalurkan air sebanyak ketika di musim panas. Ternyata siklus pembekuan dan pencairan air merupakan masalah terbesar dari transportasi air di dalam pohon.
Berikut tanaman yang bisa tumbuh di musim dingin:
1. Bawang putih
Menanam bawang putih tidak terlalu sulit. Apalagi banyak varietas yang bisa dipilih untuk ditanam di musim gugur. Varietas 'Wight Cristo' atau 'Chesnok Red' bisa menjadi pilihan. Sama seperti bawang merah, bawang putih juga memiliki musim tanam panjang sehingga belum akan siap dipanen pada musim panas.
2. Daun bawang
Varietas daun bawang musim dingin yang tahan banting menjadi pendamping lezat salad. Daun bawang akan tumbuh dengan cepat sehingga penanaman di awal musim gugur akan siap dipanen di awal musim semi. Spring Onion 'White Lisbon' adalah varietas musim dingin yang populer dan dapat diandalkan.
3. Asparagus
Jika memiliki lahan cukup luas, mengapa tidak menanam asparagus di musim gugur? Varietas tanam musim gugur seperti Asparagus 'Mondeo' atau 'Pacific Purple' bisa menjadi pilihan.
4. bawang merah
Set bawang musim gugur mudah ditanam dan akan beradaptasi selama musim dingin. Hanya saja bawang merah memiliki musim tanam panjang karena itu harus direncanakan dengan perhitungan matang. Hal ini karena bawang merah belum siap panen saat petani mulai menanam tanaman lain di musim semi. Onion 'First Early' atau 'Red Baron' adalah varietas populer yang dapat diandalkan.
Demikian informasi mengenai tanaman ketika musim dingin. Semoga bermanfaat!