Pegunungan Di Norwegia
Gunung adalah bagian geografi yang penting membentuk negara Norwegia.
Norwegia adalah salah satu negara yang berusaha melestarikan alam yang ada di negara sehingga alam disana terjaga kebersihannya dan kehijauannya. Sangat jarang ditemui alam di Norwegia rusak atau kehilangan kealamiannya. Tak ayal hal tersebut menjadikan alam di Norwegia menjadi objek wisata. Rumah bagi banyak pegunungan di Eropa dan sebagian besar memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter. Jadi jika kamu ingin berlibur dan menikmati pemandangan gunung maka negara Norwegia adalah pilihan tepat di antara negara Eropa lainnya.
Berikut wisata pegunungan di Norwegia:
1. Rallarvegen
Pegunungan ini berbeda dengan Preikestolen, karena merupakan pegunungan yang subur dan penuh akan budaya, sejarah serta alam yang unik. Jalan menuju pegunungan ini telah dibangun pada pertengahan abad lalu. Fungsinya untuk transportasi makanan selama pembangunan kereta api Bergen. Saat ini Rallarvegen merupakan tempat untuk bersepeda dengan rute sepanjang 80 km dari Haugastøl,Finse, Hallingskeid dan Vatnahalsen ke Flåm. Cobalah untuk menaiki kereta api antara stasiun gunung Myrdal dan Flåm. Selama perjalanan menaiki kereta, Anda akan dilihat banyak pemandangan indah serta air terjun yang bergemuruh. Kereta akan berjalan lambat sehingga penumpang benar-benar bisa menikmati keindahannya.
2. Kjerag
Gunung ini cukup ekstrim jadi perlu kondisi yang sehat dan terbiasa mendaki gunung. Kjerag adalah gunung dengan ketinggian 1084 meter dan di atas puncaknya terdapat menara Kjerag. Selama musim dingin ada larangan untuk melakukan pendakian karena sering terjadi badai salju. Musim untuk melakukan pendakian adalah sekitar bulan Juni hingga September. Jika tidak ingin mendaki, di kaki gunung kamu juga bisa menikmati pemandangan Lysefjord.
3. Ulriken
Ulriken adalah salah satu gunung tertinggi di Norwegia. Turis dapat mendaki atau menaiki kereta gantung untuk mencapai puncak.
4. Romsdalseggen
Gunung ini bisa dikatakan perjalanan pendakian yang sangat indah dan pemandangan bisa dilihat dari tebing Trollveggen. Wisata Norwegia yang satu ini merupakan pemandangan yang paling luar biasa, sesampainya di puncak kamu bisa dilihat sejumlah gunung lain yang terkenal. Pendakian yang dilakukan disini cukup sulit dan curam sehingga perlu usaha dan terbiasa menghadapi medan. Namun sesampainya di puncak setelah melewati perjalanan curam, kamu bisa melihat pegunungan Dovrefjell dan Sunndalsfjella, dengan puncak Snøhetta tertinggi. Selama berada di tempat wisata Norwegia ini, kamu bisa mencari tempat peristirahatan yaitu kabin batu Ottarbu. Jalan yang curam akan membuat kamu wajib menggunakan bantuan dari tongkat mendaki. Di pegunungan terdapat ibukota dimana kamu bisa menginap dan menikmati makanan di restoran terbaik.
5. Preikestolen
Disebut juga sebagai ‘Pulpit Rock’, merupakan objek wisata terkenal di Ryfylke. Tempat ini adalh tebing pegunungan dengan ketinggian 604 meter di atas Lysefjord. Dataran tinggi dengan luas 25 X 25 meter ini kemungkinan dibentuk oleh perluasan es sekitar 10 ribu tahun yang lali. Air membeku di celah-celah gunung menghancurkan balik batu bermata besar yang dibawa oleh gletser es. Mulai tahun 1900 an turis banyak yang berwisata ke puncak Preikestolen ini. Pendakian bisa dimulai dari tempat parkir, perjalanan akan memuncak dan perbedaan ketinggiannya adalah 350 meter. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi cuaca sebelum melakukan pendakian. Telah tersedia banyak area istirahat bahkan tempat berenang yang bersih.
Nah itu dia 5 wisata pegunungan yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke norwegia. Semoga bermanfaat!