Manfaat Minyak Bumi
Minyak bumi adalah istilah yang sering kita dengar. Secara umum, minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Salah satu sumber daya yang tidak kalah penting dan bermanfaat bagi kehidupan manusia adalah minyak bumi. Seperti diketahui minyak bumi merupakan sumber daya alam yang berasal dari berbagai macam sisa-sisa organisme laut, seperti tumbuhan atau hewan, yang mengendap di dasar laut kemudian tertutup oleh lumpur. Tidak heran, jika proses pembentukan minyak bumi ini memerlukan waktu yang sangat lama. Berkat manfaatnya, banyak negara yang melakukan eksplorasi daerah penghasil minyak bumi dan dimanfaatkan atau diekspor ke negara lain demi keuntungan
Berikut beberapa manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang perlu Anda ketahui.
1. Konstruksi
Selain bahan bakar, manfaat minyak bumi adalah berguna untuk pembuatan produk konstruksi. Minyak bumi memiliki senyawa yang dapat digunakan untuk memproduksi alat konstruksi seperti pembuatan atap, cat, pipa, aspal, dan lain sebagainya.
2. Aksesoris
Selain pakaian, manfaat minyak bumi ternyata juga digunakan sebagai bahan pembuat aksesoris. Seperti diketahui, banyak aksesoris yang sebagian besar terbuat dari plastik seperti kacamata, tas, kotak telepon, hingga perhiasan. Semua barang yang terbuat dari plastik ini tidak lain juga terbuat dari minyak bumi.
3. Sumber gas cair
Minyak bumi dapat menghasilkan produk dalam bentuk gas cair seperti tabung gas yang diperlukan untuk memasak. Gas alam yang berasal dari minyak bumi telah mengalami pengolahan hingga menjadi bentuk gas cair dalam tabung LPG.
4. Perabotan Rumah
Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang jarang disadari berikutnya adalah sebagai bahan untuk pembuatan perabotan rumah. Perlu diketahui bahwa berbagai barang atau perabotan rumah, seperti alat memasak hingga produk pembersih membutuhkan minyak bumi sebagai salah satu bahan pembuatnya, baik itu berupa logam maupun plastik.
5. Bahan campuran keperluan medis Manfaat minyak bumi selanjutnya adalah untuk keperluan medis. Minyak bumi kerap dipakai sebagai bahan pembuatan produk pembersih, obat-obatan, alat pelindung, dan alat keamanan tenaga medis. Benda-benda medis memanfaatkan minyak bumi pada proses produksinya. Seperti alat suntik yang sesuai spesifikasi dan aspirin sebagai salah satu produksi obat-obatan yang mengandung komponen hidrokarbon minyak bumi.
6. Produk kecantikan
Minyak bumi ternyata bermanfaat untuk pembuatan beberapa produk kecantikan, seperti parfum, cat kuku, make up, dan pewarna rambut. Selain itu, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa produk, mulai dari sabun mandi, sikat gigi, dan sampo.
7. Pertanian
Manfaat minyak bumi di bidang pertanian di antaranya untuk pembuatan pupuk, pestisida, dan insektisida. Semua produk tersebut dibuat menggunakan campuran minyak bumi. Produk-produk ini berperan penting untuk kegiatan pertanian agar produk makanan yang dihasilkan berkualitas tinggi.
8. Elektronik
Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang tidak kalah penting yaitu di bidang elektronik. Dalam hal ini minyak bumi berperan penting sebagai bahan pembuat plastik, termasuk plastik yang sebagian besar digunakan oleh produk-produk elektronik, seperti ponsel, televisi, komputer, dan berbagai produk elektronik lainnya.
Nah, itulah deretan manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!