Manfaat Grapefruit
Grapefruit adalah salah satu jenis buah sitrus yang dikenal dengan nama jeruk bali merah di Indonesia. Tak perlu ragu dengan manfaatnya, grapefruit terbukti kaya akan khasiat melalui berbagai penelitian.
Banyak orang yang mengira grapefruit sama dengan jeruk bali karena bentuknya yang memang mirip. Padahal, kedua buah ini berbeda dan manfaat grapefruit untuk kesehatan tidak kalah dari jeruk bali. Selain dikenal baik untuk menurunkan berat badan, grapefruit juga diyakini mampu mencegah kanker.
Grapefruit atau dikenal juga dengan jeruk bali merah adalah buah golongan sitrus yang merupakan hasil persilangan antara jeruk biasa dan jeruk bali. Sesuai namanya, buah ini memiliki daging buah berwarna kemerahan atau merah muda dan kulit buah berwarna jingga.
Manfaat grapefruit sudah diteliti secara langsung oleh para ahli. Tidak hanya menurunkan berat badan, buah ini juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Mari kenali berbagai manfaat grapefruit untuk kesehatan ini.
Manfaat grapefruit untuk kesehatan
Terdapat fakta menarik di balik grapefruit, buah ini pertama kali diciptakan pada abad ke-18 melalui perkawinan silang antara jeruk bali (pomelo) dan jeruk biasa.
Tak disangka-sangka, perkawinan silang itu menghasilkan buah yang bernutrisi tinggi. Maka dari itu, tak ada salahnya kita mengenali berbagai manfaat grapefruit untuk kesehatan ini.
1. Kaya akan Antioksidan
Manfaat grapefruit yang paling besar karena buah ini mengandung antioksidan yang kuat.
Grapefruit juga kaya akan vitamin C yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh seseorang.
Kandungan antioksidannya tidak hanya datang dari vitamin C, tapi juga kandungan antioksidan kuat lainnya yang mampu melawan dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis.
Namun, sebenarnya buah yang berasal dari daerah beriklim subtropis ini juga mengandung berbagai antioksidan kuat lain, seperti:
Beta-karoten
Lycopene
Flavanoid
2. Mengontrol berat badan
Grapefruit merupakan buah yang rendah kalori, tetapi kaya akan kandungan serat dan air. Konsumsi buah ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga baik bagi Anda yang sedang menurunkan atau menjaga berat badan.
3. Mencegah Terjadinya Dehidrasi
Ketika tubuh kekurangan cairan, maka disebut dengan dehidrasi. Dehidrasi bisa berbahaya karena mengganggu kerja tubuh sehingga tidak berjalan optimal.
Cara paling mudah untuk mencegahnya, yaitu minum air putih cukup dan sesuaikan dengan tingkat aktivitas.
Selain itu, Moms bisa makan buah-buahan dengan kadar air yang tinggi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
Grapefruit disebut sebagai buah dengan kandungan air tertinggi, yaitu 92%.
Hal ini membuat buah ini baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mampu mencegah terjadinya dehidrasi.
“Pada dasarnya, semua sistem dan proses dalam tubuh kita membutuhkan air.
Ketika tubuh terhidrasi dengan tepat, kinerja organ-organ di dalamnya juga berjalan dengan baik,” ungkap Wesley Delbridge, RD, ahli diet yang berbasis di Phoenix
Sekitar 20% dari asupan cairan harian sebenarnya berasal dari makanan.
Jadi, Moms dapat menambahkan beberapa grapefruit untuk mendekati target hidrasi tubuh harian dan pilih yang lebih berat dari dua buah dengan ukuran yang sama.