Manfaat Mountain Bike
Berikut ini merupakan lima manfaat dari mountain bike (MTB) atau bersepeda gunung.
Bersepeda gunung cocok bagi penyuka olahraga ekstrem dengan lingkungan alami.
Mountain bike dianjurkan karena bisa menjaga kesehatan secara fisik, mental, serta emosional.
Olahraga ini membutuhkan sepeda khusus untuk medan pegunungan. Selain itu, diperlukan perlengkapan tambahan, seperti helm, pelindung siku, dan pelindung lutut, untuk menghindari risiko cedera.
MTB memiliki berbagai jenis varian sesuai dengan trek yang akan dilalui.
Yang pertama, terdapat Cross Country dengan jalur naik dan turun. Selain itu, ada downhill dengan jalur menurun. Jika ada menurun, tentu ada jalur yang hanya untuk menanjak.
Kemudian ada juga varian sesuai olimpiade dan juga untuk estafet. Berikut ini lima manfaat dari mountain bike:
1. Tidur malam lebih nyenyak
Siapa sangka, membuat tidur lebih cepat dan nyenyak ternyata menjadi salah satu dari manfaat bersepeda. Menurut penelitian dari Stanford University School of Medicine, bersepeda minimal 20-30 menit setiap harinya bisa membuat pengidap insomnia tidur lebih cepat. Bukan hanya itu, waktu tidur mereka pun meningkat hampir satu jam.
Bersepeda akan buat sebagian tubuh kamu bergerak dan akhirnya mencapai tingkat kelelahan. Karena itu, tubuh kamu akan meminta waktu yang lebih lama untuk beristirahat. Namun, istirahat yang dihasilkan akan membuat tubuh kamu kembali segar nantinya.
2. Terapi alami
MTB bisa menjadi salah satu terapi alami karena akan terhubung dengan alam.
Bersepeda dengan nuansa hutan, gunung, serta lingkungan alam lainnya dapat menyegarkan otak.
Hal tersebut juga dapat mengistirahatkan pikiran dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.
3.Membangun otot
Selama melakukan olahraga sepeda, bagian-bagian otot tubuh kamu akan bekerja. Otot kaki bertugas untuk mengayuh, otot perut dan punggu yang membuat tubuh tetap stabil, dan otot lengan yang juga bekerja memegang setang sepeda. Hal-hal yang sudah disebutkan itu menjadi alasan mengapa bersepeda dapat membantu kamu untuk membangun massa otot yang baik.
4.Perlindungan Penyakit Diabetes
Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.