Tips Memilih Sweater
Sweater mungkin adalah pilihan fashion item terbaik saat cuaca menjadi dingin. Tapi, apakah kamu tahu bahwa tidak semua sweater diciptakan sama, terutama jika disesuaikan dengan tipe tubuh?
Bahan, bentuk, panjang lengan, bahkan garis leher sangat penting dalam hal menemukan pakaian yang pas, termasuk sweater. Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa tips memilih jenis sweater terbaik , penasaran?
1. Bahan
Memilih bahan sweater yang tepat hukumnya wajib, apalagi kita berada di lingkungan tropis. Jangan sampai sweater yang kita kenakan malah membuat kita mudah gerah dan berkeringat. Untuk mengatasinya, sangat disarankan supaya memilih sweater yang tipis saja. Sweater tipis sangat cocok untuk tubuh apapun, mulai dari kurus hingga gemuk. 
Ada banyak sekali bahan yang bisa Anda pilih, mulai dari wol, katun, sutra, lycra, kasmir, dan lainnya. Dari beberapa kasus yang ada, bahan wol cenderung membuat kita mudah berkeringat. Sebagai gantinya Anda bisa memilih bahan katun dan sutra yang dicampur sedikit dengan lycra. Apabila memiliki uang lebih, pilihan terbaik adalah sweater berbahan kasmir.
2. Motif
Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pemilihan motif. Sebenarnya memilih motif tidak ada patokan khusus, cuman yang perlu Anda perhatikan adalah kesesuaian motif dengan baju dan bawahan. Pastikan jangan menggunakan motif terlalu ramai apabila baju yang dikenakan sudah bermotif ramai. Jadi, usahakan antara baju dan sweater motifnya bertolak belakang.
3. Jika kamu tinggi: Bermain dengan panjang
Sweater panjang sangat manis, terutama yang menyentuh tepat di atas pergelangan kaki. Pasangkan dengan cropped jeans dan boots, itu hampir seperti mantel, tapi dalam bentuk sweater.
3. Pemilihan proporsi yang tepat
Selain menyesuakan motif sweater dengan motif baju atasan, Anda harus menyesuaikan proporsi sweater tersebut dengan bawahan. Apabila Anda memilih sweater yang tebal, usahakan menghindari bawahan yang longgar. Sweater tebal sangat cocok dipadukan dengan bawahan ketat misalnya seperti celana pensil, rok mini, dan lain sebagainya.
Selain itu, agar penampilan lebih menarik lagi, Anda juga bisa menggunakan tambahan high heels pada kedua kaki. Perpaduan antara sepatu high heels dengan sweater akan membuat penampilan Anda terlihat lebih jenjang dan seksi.
4. Ukuran yang sesuai
Tips memilih sweater selanjutnya adalah ukuran. Kebanyakan dari kita lebih suka dengan sweater yang ketat dan mampu menampilkan lekuk tubuh, khususnya bagi para wanita. Sebenarnya hal semacam ini boleh-boleh saja, tetapi agar lebih sopan dan modis lebih baik hindari sweater ketat.
Sweater yang tepat adalah memiliki ukuran pas, yakni tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Dengan sweater berukuran pas ini, maka penampilan Anda tidak akan terlihat norak atau berlebihan.
Tips merawat sweater agar tahan lama
Agar sweater tahan lama, simaklah cara merawat produk yang ada di bagian label. Selain itu, Anda juga bisa mencoba tips merawat sweater di bawah ini.
Sebelum mencuci sweater, sebaiknya siapkan sampo bayi yang sudah dilarutkan ke dalam air dingin
Setelah itu, rendam sweater selama beberapa saat sambil ditekan-tekan perlahan agar kotoran bisa keluar
Jika dirasa sudah bersih, Anda bisa membilasnya
Untuk proses pengeringan, letakkan sweater di atas handuk lalu gulung secara perlahan
Jika sudah selesai, letakkan sweater di atas tempat datar yang dilapisi handuk tidak berbulu
Keringkan sweater di luar ruangan, tetapi usahakan supaya tidak terkena sinar matahari langsung
Jika melihat beberapa helai benang yang keluar, Anda bisa memotongnya searah pola rajutan menggunakan pisau cukur
Setelah selesai, Anda bisa melipat sweater dan menyimpannya. Hindari menggantung sweater dengan hanger clothes untuk mencegahnya melar dan mengendur.