Baju Kasual Pria
Ada kalanya ketika kamu hanya ingin menggunakan pakaian kasual untuk sehari-hari, tapi mendadak harus menghadiri agenda yang diwajibkan berpenampilan rapi.
Daripada pria kalang kabut dihadapkan dengan kondisi semacam itu, gaya penampilan smart-casual dapat menjadi pilihan paling aman.
Smart-casual sendiri adalah penampilan menggunakan pakaian yang lebih formal dibanding tracksuit, tapi tidak seformal menggunakan setelan jas. Cara menerapkan penampilan ini pun terbilang mudah. Sebelumnya, kamu tinggal simak soal panduan gaya busana smart-casual yang dapat jadi inspirasi penampilan sehari-hari berikut ini.
Berikut panduan berpakaian smart-casual pria yang keren
Untuk penampilan semi formal saat ke kantor, pria bisa menerapkan smart casual outfit yang nyaman dan tetap terlihat profesional. Selain itu, pria dengan gaya smart casual bisa terlihat satu tingkat lebih maskulin dan rapi ketika memadu padankan pakaian dengan konsep yang tidak merepotkan ini. Agar tidak salah kostum, coba simak panduan lengkap mengaplikasikan pakaian smart casual pada pria berikut ini. 
1. Ubah pola pikir Untuk Pakaian Smart Casual
Definisi gaya ini melebihi soal jenis pakaian apa yang lo akan kenakan. Justru poin yang sangat penting adalah bagaimana lo merepresentasikan penampilan pakaian tersebut. Artinya lo dapat dinilai menerapkan gaya ini saat terlihat sleek memakai sepatu yang sudah disemir, celana kelihatan rapi yang sudah disetrika, dan sebagainya. Jadi smart casual bukan dengan hanya memakai pakaian yang rapi yang memberi anggapan yang santai saja, ya!
2. Mengenakan Satu Sampai Dua Pakaian Casual Pria
Meluruskan pengertian style smart casual sering salah arti, coba lo ikuti tips berikut. Punya bomber jacket, kaos polos, celana jeans, dan sepatu sneakers.
 
Semuanya sangat pas untuk gaya kasual, bukan? Sekarang lo coba ganti satu sampai dua fashion item tersebut dengan blazer, kemeja pria, celana chino, dan sepatu oxford. Tentu akan memberikan kesan yang berbeda dari gaya casual sebelumnya. Lo akan dengan mudah menemukan pakaian kerja casual pria dengan memakai tips tersebut.
3. Sesuaikan warna pakaian
Pembelajaran paling dasar soal pakaian formal dan kasual dapat dilihat dari warna yang digunakan. Biasanya warna dengan tone gelap identik dengan pakaian formal, begitupun sebaliknya. Jadi kamu bisa bermain dengan tone warna untuk mendapatkan penampilan smart-casual. Contohnya ada beige bomber jacket, kaus putih polos, stonewashed jeans, dan sneakers putih. Kamu bisa mengganti warna jaket atau celana menjadi navy yang secara instan akan membuat penampilan lebih dressier.
4. Ganti bahan pakaian
Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, kamu juga dapat mengatur tingkat formal atau kasual pakaian pada bahan yang digunakan. Pakaian formal cenderung memiliki bahan yang lebih halus dan mengilap. Coba ganti blazer atau kemeja flanel kamu dengan bahan wol. Kamu akan mendapatkan kesan kasual dari pakaian kamu yang akan terlihat lebih bervolume. Cara ini juga berlaku di berbagai jenis pakaian mulai dari kemeja, celana, hingga sepatu.
Nah, bagi kamu yang suka look praktis, tanpa ribet, namun tetap terlihat rapi dan santai. Simak inspirasi fashion pria casual berikut!
1. Sweater + Jeans
Bila kamu termasuk orang yang suka mengenakan sweater, look ini cocok untuk kamu. Kamu bisa memadukan sweater favoritmu dengan denim jeans dan sepatu sneakers seperti Vans, Converse dan semacamnya.
2. Oversized Shirt + Sepatu Putih
Style ini cocok untuk kamu yang suka sesuatu yang oversized dan sederhana. Sama seperti tampilan sebelumnya, kamu bisa memadukan jeans sebagai bawahan dan oversized shirt putih polos untuk atasan.
Agar terlihat unik seperti artis Korea, kamu bisa memakai kaos kaki panjang dan sepatu putih.
3. Long Sleeve
Long sleeve, berbeda dengan sweater karena long sleeve adalah baju tangan panjang yang mempunyai bahan lebih tipis dibandingkan sweater.
Bila kamu mempunyai baju lengan panjang hitam, kamu bisa juga menggunakan Vans kotak-kotak hitam putih dan kaos kaki.