Aktivitas untuk Bersantai
Saat ini sulit rasanya untuk mendapatkan waktu luang. Waktu terkuras begitu saja, mulai dari pekerjaan hingga berbagai janji temu lainnya.
Seringkali kita lupa bagaimana rasanya bebas dan mengambil nafas. Jika mendapatkan kesempatan untuk bebas dan bernafas sejenak, tak lama telepon mulai berdering atau e-mail mulai mengalir masuk.
Saat ini menjadi sibuk adalah hal yang normal dan jika kamu memiliki waktu luang, itu tidak akan bertahan lama. Waktu luang itu seketika akan terisi sebelum kamu menyadarinya. Kini dunia dipenuhi dengan orang-orang yang berpikir bahwa memiliki waktu luang adalah hal yang buruk dan setiap saat harus diisi dengan sesuatu hal yang bermanfaat. Seiring berjalannya waktu kita mendapati diri semakin sibuk, tetapi kehilangan produktivitas.
Selain itu, rasa bosan bisa datang kapan saja, apalagi saat kamu sedang bersantai di rumah. Saat akhir pekan datang, rasanya sudah terlalu lelah untuk merencanakan aktivitas seru demi mengisi waktu luang. Buat kamu yang bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, coba lakukan delapan aktivitas seru berikut ini yang dapat membuat waktu santai kamu jadi lebih menyenangkan!
1. Me time dengan baca buku sambil ngopi
Ingin mencoba aktivitas yang lebih menenangkan? Cobalah untuk membaca buku sambil menyeruput kopi hangat. Kamu bisa memilih buku favorit yang tidak pernah bosan kamu baca ulang ataupun membeli buku baru yang menarik perhatian kamu. Satu pilihan destinasi yang bisa kamu coba adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di mana kamu bisa membaca dan meminjam buku-buku menarik.
Selanjutnya, tinggal seduh kopi atau teh hangat. Jika tertarik, kamu pun bisa mengajak teman-teman untuk membaca buku yang sama dan diskusi online untuk membahas plot dan karakter buku. Persis seperti mengadakan acara book club kecil-kecilan!
2. Bersantai di rumah dengan mendengarkan musik
Mendengarkan lagu favorit bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan kecemasan, baik itu musik jazz, pop, ballat, dan lain-lain.
Kamu bisa mendengarkan musik sambil merebahkan diri di kasur atau sambil melakukan aktivitas lain seperti memasak dan membaca buku.
3. Main Game
Seberapa keren dan mantapnya kegiatan ini, tentu masih ada kelompok orang yang tidak biasa bermain game. Game yang dimaksud disini adalah permainan yang memakai console (PS), permainan PC/Laptop, dan permainan Mobile. Memang, diskusi tentang game selalu menuai pro dan kontra. Mereka yang kontra menganggap orang bermain game akan lupa waktu dan melupakan kewajiban, berpengaruh buruk kepada kesehatan, dan menjadi pribadi yang asosial. Dalam kondisi ini penulis membenarkan penilaian kelompok kontra mengenai game. Tetapi bagaimanapun, melalui game juga bisa meningkatkan kualitas dan daya otak. Meminjam pemaparan dari https://teknologi.id/, empat dampak positif bermain game yakni membiasakan seseorang untuk mampu memecahkan masalah dan tugas yang dimiliki, melatih kognitif, serta melatih kemampuan observasi seseorang.
4. Tetap aktif dengan berolahraga
Sisihkanlah waktu dalam sehari untuk berolahraga. Dengan melakukan olahraga walaupun hanya sebentar bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat dan menguatkan sistem imun kamu. Selain itu dengan berolahraga juga bisa membuat pikiranmu menjadi lebih rileks oleh hormon yang dikeluarkan tubuh kamu.
Lakukanlah gerakan ringan seperti yoga ataupun streching. Apabila kamu mempunyai sepeda statis ataupun treadmill akan lebih memudahkanmu untuk berolahraga. Hindari melakukan olahraga yang terlalu berat seperti mengangkat beban yang terlalu berat agar terhindar dari cedera selama berolahraga.
5. Meditasi untuk menenangkan pikiran
Dilansir dari World Health Organization, waktu luang merupakan sebuah kesempatan emas bagi kamu untuk melakukan meditasi. Pelajari metode yang tepat dalam melakukan meditasi dengan menggunakan video yang bisa kamu temui melalui media sosial. Hilangkanlah seluruh beban pikiran kamu dan fokuslah terhadap meditasi yang kamu lakukan. Gunakanlah waktu paling tidak selama 30 menit untuk bermeditasi dengan tenang.
6. Menata rumah
Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk membersihkan bagian-bagian kecil di rumah demi mewujudkan rumah yang nyaman dan rapi. Menata rumah di waktu senggang tidak terasa melelahkan jika dibandingkan dengan merapikan rumah yang sudah direncanakan.
Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa mencoba tips yang satu ini. Mencicil tugas rumah akan sedikit mengurangi beban kamu sekaligus menciptakan rumah yang bersih dan rapi.
Saat memiliki waktu luang, kamu bisa memfokuskan perhatian untuk membersihkan dan merapikan objek-objek kecil, baik di ruang tamu, kamar tidur, dan dapur.
7. Memasak
Setiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda-beda. Tak hanya berguna untuk mengisi waktu luang, hobi yang kamu kuasai pasti memiliki beragam manfaat lainnya. Dengan memasak, kamu bisa terus mengembangkan dan mengetahui manfaaatnya.
Tips yang satu ini membantumu mengisi waktu luang dengan cara yang produktif sekaligus mendapatkan sajian yang lezat untuk dinikmati. Manfaat lainnya ialah kamu bisa meningkatkan kreativitas untuk membuat sajian yang lezat dan menarik.