Kebun Binatang Megah Dunia
Kebun binatang dibangun untuk tempat pelestarian hewan dan penangkaran hewan, terutama yang langka. Masing-masing negara biasanya memiliki wisata kebun binatang yang unik.
Selain melestarikan hewan yang hampir punah, wisata kebun binatang juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga dan melindungi hewan.
Banyak beranggapan kebun binatang besar adalah yang mempunyai koleksi satwa terbanyak.Namun, kebun binatang yang besar bukan hanya soal banyaknya hewan.Namun, juga karena pemandangan dan fasilitasnya yang di suguhkan oleh kebun binatang itu sendiri.
Berikut adalah Kebun Binatang Terbesar yang ada di dunia.
1.Taman Zoologi Sri Venkateswara, India
Kebun binatang terbesar di dunia pertama ada Taman Zoologi Sri Venkateswara, India. Dibuka pada 1987, kebun binatang yang mencakup 5.532 hektar di kota ziarah Tirupati, India, ini adalah kebun binatang terbesar di Asia. Kebun binatang ini memiliki macan tutul terbesar di dunia yang tercatat resmi di Guinness Book of World Records.
Pasalnya, beratnya mencapai 143 kg. Sri Venkateswara didedikasikan untuk inisiatif konservasi yang mencakup pendidikan, penyelamatan dan rehabilitasi, serta program pelatihan. Meski tidak diketahui secara pasti berapa jumlah hewan di kebun binatang ini, tetapi ada lebih dari 100 spesies burung di Taman Zoologi Sri Venkateswara.
2.Kebun Binatang dan Akuarium Columbus, Ohio, Amerika Serikat
Kebun binatang terbesar di dunia selanjutnya ada Kebun Binatang dan Akuarium Columbus, Ohio, Amerika Serikat. Lebih dari 11.000 hewan menghuni lahan seluas 588 hektar, yang terletak di sepanjang Waduk O'Shaughnessy Sungai Scioto ini.
Lebih dari 200 hektar telah dikembangkan sebagai habitat hewan dan ruang publik. Selain luas dan jumlah hewannya yang beragam, Kebun Binatang Columbus juga menjadi salah satu kebun binatang terbesar di dunia dalam hal jumlah pengunjung. Tak heran jika tempat ini disebut sebagai salah satu kebun binatang paling terkenal di dunia.
3.Kebun Binatang Henry Doorly, Nebraska, AS
Kebun binatang terbesar di dunia selanjutnya dalam daftar ini ada Kebun Binatang Henry Doorly, Nebraska, AS. Kebun binatang ini merupakan rumah bagi hampir 17.000 hewan dari 962 spesies dengan luas mencapai 53 hektar.
Kebun binatang ini terkenal dengan fasilitas penelitian tingkat dunianya, bahkan menampung gorila yang dibuahi secara vitro pertama di dunia.
Kebun binatang ini juga menampilkan kucing terbesar di Amerika Utara, kompleks rawa indoor terbesar di dunia, gurun indoor terbesar di dunia, dan kubah geodesik terbesar di dunia.
4.Columbus Zoo and Aquarium
Columbus Zoo and Aquarium mencakup area seluas 580 hektar tanah untuk memegang tempat ketiga di kebun binatang terbesar di dunia.
Dibuka pada tahun 1927, kebun binatang ini menangkap sekitar 7000 populasi hewan yang terdiri dari 800 spesies.
5.Kebun binatang Bronx
Kebun binatang Bronx adalah kebun binatang metropolitan terletak di New York.
Lebih dari dua juta pengunjung mengunjungi tempat ini.
Kebun binatang ini mempunyai 650 spesies.
Itulah beberapa kebun binatang terbesar di dunia yang mungkin belum kalian ketahui dan mungkin akan menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya.