Manfaat Olahraga
Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terdapat sejumlah manfaat olahraga bagi tubuh jika dilakukan secara rutin dan teratur.
Salah satu manfaat olahraga yakni untuk meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan, mencegah penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.
Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Berapa pun usiamu, aktivitas fisik dan olahraga secara rutin baik dilakukan agar tubuh lebih sehat dan kuat. Berikut ini adalah beragam manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan:
Mencegah dan meringankan nyeri punggung
Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang cukup umum dialami oleh orang dewasa dan lansia. Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari saraf terjepit, cedera, posisi tidur yang salah, hingga kebiasaan jarang bergerak.
Olahraga merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan meredakan nyeri punggung. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan menjadi lebih kuat dan mampu menopang sendi dan tulang belakang dengan lebih baik.
Berbagai jenis olahraga yang baik untuk nyeri punggung adalah yoga, berenang, bersepeda, jalan kaki, atau pilates. Namun, jika nyeri punggung yang kamu rasakan tidak membaik atau semakin parah saat berolahraga, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
Menjaga berat badan
Manfaat olahraga juga dapat menjaga berat badan ideal, menurunkan berat badan berlebih, atau mempertahankan keberhasilan penurunan berat badan. Berat badan akan bertambah ketika kamu mengonsumsi lebih banyak kalori melalui makan dan minum dan tidak sebanding dengan jumlah kalori yang dibakar.
Sehingga penting untuk menyeimbangkan kalori. Dalam hal menjaga berat badan, setiap orang bervariasi dalam seberapa banyak aktivitas fisik yang mereka butuhkan. Kamu mungkin perlu lebih aktif daripada orang lain untuk mencapai atau mempertahankan berat badan ideal. Namun, untuk mempertahankan berat badan, setidaknya lakukan olahraga aerobik intensitas sedang hingga 150 menit seminggu.
Menjaga kesehatan jantung
Manfaat yang selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Aktivitas fisik diketahui bisa meningkatkan ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung bagian kiri. Otot tersebut berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Olahraga juga bermanfaat untuk membuat detak jantung menjadi lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah.
Meningkatkan massa tulang dan otot
Seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi tulang, persendian, dan otot yang berfungsi menopang dan membantu tubuh bergerak. Menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot tetap sehat dapat membuat kamu tetap aktif.
Olahraga aerobik dapat menguatkan otot dan tulang, sehingga memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang terjadi seiring bertambahnya usia.
Membuat kamu merasa lebih bahagia
Olahraga dapat meningkatkan suasana hati kamu dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi.
Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri. Ditambah lagi, olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Hal ini dapat membantu mereka lebih sadar akan kondisi mental mereka dan mempraktikkan gangguan dari ketakutan. Menariknya, tidak masalah seberapa kuat olahragamu. Suasana hati dapat memperoleh manfaat dari olahraga, tidak peduli intensitas aktivitas fisiknya.
Mengurangi risiko terkena penyakit tertentu
Selanjutnya, manfaat olahraga juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit tertentu seperti penyakit jantung. Penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan juga Indonesia.
Jika mengikuti rekomendasi maka berolahraga aerobik intensitas sedang setidaknya 150 menit seminggu dapat membuat kamu berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain itu, manfaat olahraga secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Manfaat olahraga secara teratur juga mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.