Manfaat Peregangan Tubuh
Mencoba memasukkan olahraga ke dalam rutinitas pagi mungkin akan sangat sulit dan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, Anda bisa mencoba alternatif lainnya dengan melakukan peregangan atau stretching setelah bangun tidur.
Hanya sekitar lima menit stretching, Anda akan merasakan manfaat yang membuat tubuh Anda terasa segar dan nyaman menjelang sarapan dan beraktivitas.
Terkait melakukan stretching setelah bangun tidur, American Heart Association juga merekomendasikan bahwa alih-alih melakukan peregangan dingin di pagi hari, peregangan ketika otot-otot Anda hangat, seperti ketika Anda bangun dari tempat tidur.
Manfaat stretching setelah bangun tidur bukan hanya membuat tubuh terasa segar dan lebih siap, namun juga berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatan Anda. Berikut akan kami sampaikan apa saja manfaat stretching setelah bangun tidur.
1. Meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh
Meregangkan tubuh setelah bangun tidur meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh. Karena itu, setelah meregangkan tubuh, Anda akan merasa lebih segar karena lebih banyak oksigen yang masuk kedalam paru.
2.Memperbaiki Postur
Manfaat stretching setelah bangun tidur yang pertama adalah untuk membantu memperbaiki postur. Banyak orang, terutama mereka yang duduk di depan komputer untuk waktu yang lama, mengalami postur tubuh yang buruk akibat otot punggung yang terlalu meregang dan otot dada yang kencang. Anda akan mendapatkan punggung yang bungkuk dan postur yang buruk.
Menerapkan rutinitas peregangan pagi yang berfokus pada pembukaan otot-otot ini, bisa efektif untuk mengendurkannya. Saat otot-otot ini menjadi lebih dan lebih fleksibel, perubahan sikap dan postur akan menjadi jelas. Anda juga bisa melakukan peregangan di waktu senggang saat bekerja di meja kerja Anda.
3.Menghilangkan Rasa Sakit dan Nyeri
Manfaat stretching setelah bangun tidur yang kedua juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada otot dan persendian. Rasa sakit dan nyeri ini dapat muncul kapan saja, dan lebih sering terasa di pagi hari, setelah tubuh beristirahat untuk waktu yang lama.
Untuk hasil terbaik, gunakan peregangan lembut untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan sendi. Harvard Health Publishing mengatakan bahwa, seiring bertambahnya usia, selain otot Anda menyusut, cairan di sekitar tendon juga mulai berkurang.
4.Peningkatan Aliran Darah
Manfaat stretching setelah bangun tidur yang ketiga yaitu dapat meningkatkan aliran darah. American Council on Exercise Fitness mengatakan bahwa peregangan juga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.
Meskipun aliran darah yang sehat penting untuk aktivitas sepanjang hari, hal ini mungkin juga sangat penting selama jam-jam pagi, karena orang-orang memulai hari mereka setelah tertidur selama beberapa jam. Aliran darah yang cukup akan meningkatkan konsentrasi dan mempertajam indera.
5.Membangunkan Otak
Manfaat stretching setelah bangun tidur yang keempat yaitu dapat membangunkan otak Anda. Otak bekerja sebagai komputer untuk mengontrol setiap fungsi dalam tubuh termasuk pernapasan, gerakan otot, dan detak jantung. Peregangan pagi mengaktifkan semua hal itu untuk membuat otak kembali terbangun. Ini adalah cara ampuh untuk membangunkan sistem saraf pusat Anda bahkan sebelum Anda sarapan.
Tanpa peregangan, Anda mungkin akan merasa tegang dan lesu hingga tengah hari. Jadi, mengapa tidak memberi tubuh Anda panggilan pagi dengan sedikit gerakan ringan? Angkat lengan Anda ke arah langit-langit dan kemudian turunkan untuk menyentuh jari-jari kaki Anda.
6.Meningkatkan Energi
Manfaat stretching setelah bangun tidur yang kelima yaitu dapat meningkatkan energi. Peregangan di pagi hari membantu memberi Anda perasaan yang bersemangat dan segar. Ini akan mendukung peningkatan energi Anda sepanjang hari karena dapat mencegah perasaan lesu dan lelah.
The Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan 150 hingga 300 menit kardio dengan intensitas sedang per minggu dan setidaknya dua latihan penguatan otot seminggu. Latihan fleksibilitas belum menjadi bagian dari pedoman tersebut, tetapi mereka mengakui bahwa mendapatkan fleksibilitas melalui peregangan adalah bagian penting dari program aktivitas fisik apa pun.
Itulah beberapa manfaat melakukan peregangan saat bangun tidur,rutinlah melakukannya agar mendapatkan manfaat dari peregangan itu.