Olahraga Paramotor
Belum banyak orang yang tahu tentang Olahraga paramotor. Hal ini lantaran, peralatan olahraga paramotor cukup mahal.
Paramotoring adalah nama umum untuk harness dan bagian pendorong paraglider bertenaga ("PPG"). Ada dua tipe dasar paramotor: peluncuran kaki dan peluncuran roda. Model peluncuran kaki terdiri dari rangka dengan harness, tangki bahan bakar, mesin, dan baling-baling. Lingkaran dengan jaring pelindung terutama menjaga garis-garis keluar dari baling-baling. Unit ini dipakai seperti tas punggung besar tempat Paraglider dipasang melalui carabiner.
Unit peluncuran roda datang sebagai unit lengkap dengan motornya sendiri, atau sebagai tambahan untuk paramotor peluncuran kaki. Mereka biasanya memiliki roda 3 (trike) atau 4 (quad), dengan kursi untuk satu atau dua penumpang. Ini tidak boleh disamakan dengan parasut bertenaga yang umumnya jauh lebih berat, lebih bertenaga, dan memiliki kemudi yang berbeda. Istilah ini pertama kali digunakan oleh orang Inggris Mike Byrne pada tahun 1980 dan dipopulerkan di Prancis sekitar tahun 1986 ketika La Mouette mulai mengadaptasi kekuatan ke sayap paraglider yang baru.
Paramotor merupakan salah satu olah raga udara atau dirgantara yang hanya menggunakan sebuah mesin terbang sederhana. Prinsip terbang paramotor sebenarnya hampir sama dengan paralayang, yang membedakan hanya pada mesinnya saja. Paralayang sendiri kalian hanya pakai parasut besar dan sangat mengandalkan tenaga angin.
Naik paramotor juga menggunakan parasut, kalian tidak perlu susah payah menarik-narik tuas dan tali karena ada mesin yang membantu agar tetap terbang di udara. Bentuk mesin terbang pada paramotor terletak di belakang punggung pengemudi. Bentuknya seperti baling-baling kipas angin yang sangat besar.
Yang membuat naik paramotor merupakan kegiatan seru padahal sangat beresiko adalah kalian bisa mendapatkan pengalaman luar biasa. Terbang dan menembus gumpalan awan putih sambil menikmati indahnya alam Indonesia dari atas merupakan sesuatu yang bikin ketagihan. Semua kenampakan alam bakalan kalian lihat dengan leluasa dari atas, seperti hamparan sawah, kawasan perbukitan hijau, sungai, danau, bahkan lautan biru sekalipun.
Di negara Indonesia sendiri, penjualan berbagai macam alat paramotor sudah dijual bebas seperti mesin terbangnya, parasut, tali, dan sebagainya. Namun, kalian jangan kaget ketika melihat harga satu buah mesin paramotor karena sangat mahal yaitu mulai 80 hingga 100 juta rupiah. Meskipun begitu, untuk bisa naik paramotor maka kalian harus punya sertifikat dan lisensi resmi, tidak boleh main terbang saja ya. Hal ini dikarenakan olah raga paramotor sendiri termasuk berbahaya dan ekstrim sehingga benar-benar membutuhkan kemampuan khusus dan mahir.
Bagi kalian yang pengen banget mencoba naik paramotor tanpa harus membeli peralatannya secara pribadi, ada alternatif lain yang bisa digunakan. Kalian bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang menawarkan jasa terbang dengan paramotor seperti di kawasan Puncak, Malang, dan masih banyak lagi.
Demikian informasi mengenai olahraga paramotor. Semoga bermanfaat!