Perairan Terjernih Di Dunia
Untuk kamu yang tinggal di perkotaan, menemukan sungai atau danau berair jernih merupakan sesuatu yang langka.
Sungguh mengesankan jika melihat beberapa tempat yang memiliki air terjernih di dunia. Begitu jernihnya bahkan ada tempat yang memiliki kadar air termurni hingga 99,994 %. Hal ini tentunya merupakan hal yang menyedihkan untuk disaksikan, terlebih bagi kamu pecinta alam.
Di Indonesia sendiri, kamu hanya bisa menemukan perairan jernih saat berlibur ke luar kota atau wilayah pedesaan yang jarang tersentuh manusia. Berikut adalah 5 danau dengan air yang sangat jernih di dunia yang bisa dijadikan destinasi wisatamu:
1. Jiuzhaigou Valley, China
Jika sedang berlibur ke China, melipirlah sejenak ke Jiuzhaigou. Danau Jiuzhaigou terletak pada 450 kilometer arah utara dari Kota Chengdu. Di sini kamu akan disuguhkan hamparan danau air jernih yang menyegarkan mata. Tak hanya danau saja, jika beruntung, kamu juga bisa menyaksikan beragam spesies burung cantik yang berterbangan di sisi danau Jiuzhaigou
2. Crater Lake
Crater Lake adalah danau yang terletak di Oregon, bagian barat dari Amerika. Danau ini adalah daya tarik utama dari Taman Nasional Danau Crater, dengan air yang berwarna biru gelap dan kejernihan airnya. Danau ini memiliki air yang sangat bersih dan tidak mengandung polutan sama sekali. pH air danau ini berkisar antara 7 hingga 8.
3. Zamami, Jepang
Zamami terkenal dengan spot diving dan snorkelingnya yang memukau, di mana kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut dihiasi terumbu karang dan ikan cantik berwarna-warni. Namun, bukan hanya pemandangan bawah lautnya saja yang indah, di sini, kamu bisa menyaksikan eksotisnya panorama air laut yang sebening kaca.
4. Exuma, Bahama
Jika sedang bertandang ke Bahama, tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Exuma. Di sini, kamu bisa menikmati beningnya air laut dengan hamparan pasir seputih salju. Namun bukan itu saja, jika beruntung, kamu juga bisa berenang bersama hewan-hewan endemik Bahama, seperti kura-kura, hiu, iguana, hingga babi.
5. Sheosar Lake
Sheosar Lake terletak di Taman Nasional Deosai, yang terletak di bagian utara Pakistan. Danau ini tertutup salju sekitar bulan November hingga Mei. Pada musim semi, sekeliling danau ini akan dipenuhi oleh bunga dan kupu-kupu. Para turis biasanya mengunjungi danau ini pada bulan Juni hingga awal bulan September.
6. Peyto Lake
Peyto Lake terletak di Taman Nasional Banff yang berada di Canadian Rockies. Pada musim panas, batu-batu es mencair dan mengalir ke dalam danau ini. Partikel-partikel yang terkandung dalam batu membuat air danau ini berwarna turkois terang yang sangat indah.
7. Lake Mashu
Lake Mashu adalah danau yang terletak di Taman Nasional Akan, di Pulau Hokkaido, Jepang. Danau ini terbentuk di dalam kaldera dari gunung berapi yang masih berpotensi aktif. Pada musim panas, permukaan danau ini akan tertutup kabut sehingga munculah legenda lokal yang mengatakan bahwa nasib buruk akan menghampiri siapapun yang mampu melihat permukaan Danau Mashu saat musim panas. Danau ini dihuni oleh fitoplankton, zooplankton, rainbow trout, dan sockeye salmon.
Itulah perairan terjernih di dunia. Semoga bermanfaat!