Ukuran Lapangan Tenis
Lapangan tenis adalah adalah tempat dimana olahraga tenis dimainkan.
Tenis adalah jenis permainan olahraga yang dimainkan menggunakan raket untuk memukul bola yang terbuat dari karet, permainan ini biasanya dimainkan secara tunggal maupun ganda. Permainan tenis sudah dimainkan sejak abad ke-15 oleh para keluarga bangsawan di Eropa. Saat itu, tenis rumput atau grass court tennis meraih popularitasnya pada 1874. Lapangan tenis salah satu eleman vital dalam permainan tenis. Karena tanpa lapangan yang memadai, maka akan sulit memainkan permainan tenis. Tenis lapangan termasuk dalam jenis permainan bola kecil. Olahraga ini dimainkan banyak orang dari segala usia. Banyak orang bermain tenis, baik menjadi atlet profesional maupun sekadar menyalurkan hobi. Tenis juga menjadi salah satu tontonan olahraga yang sangat digemari. Petenis putra nomor satu dunia saat ini adalah Novak Djokovic asal Serbia. Sementara di sektor putri, Ashleigh Barty yang berasal dari Australia menduduki peringkat satu dunia.
Kata tenis berasal dari bahasa Prancis “tenez” yang artinya kerjakan atau bersiap. Olahraga ini sebenarnya diyakini sudah mulai dimainkan sejak zaman sebelum Masehi. Namun catatan tertua menyebut kegiatan tenis lapangan berasal dari abad ke-11. Pada waktu tersebut, masyarakat Prancis tercatat sudah sering melakukan permainan bernama jeu de peume yang caranya mirip dengan tenis lapangan modern. Lalu pada abad ke-13, permainan tersebut mulai tersebar ke negara-negara lain di Eropa. Raket bersenar pertama kali diperkenalkan pada abad ke-15 di Italia. Selanjutnya di tahun 1868, berdirilah All England Croquet Club di Wimbledon, Inggris yang merupakan cikal bakal organisasi tenis. Kejuaran tenis paling bergengsi di dunia yaitu Wimbledon, mulai dilaksanakan pada tahun 1877 dan pada tahun 1881, terbitlah standar peraturan dan organisasi kompetisi tenis lapangan. Permainan tenis yang berkembang dari lingkungan bangsawan kerajaan awalnya bertujuan menanamkan tata krama, sopan santun, dan etika pergaulan. Namun kini, tenis berkembang menjadi olahraga populer yang memiliki sejumlah induk organisasi, seperti International Tennis Federation (ITF) dan Persatuan Lawn Tennis Indonesia (PELTI).
Sekilas lapangan ini memang mirip dengan lapangan bulu tangkis, memiliki bentuk persegi panjang dan terdapat net di tengah-tengah lapangan yang membagi lapangan menjadi dua bagian. Meski hampir sama namun tinggi net yang ada pada lapangan tenis lebih rendah dibandingkan dengan bulu tangkis, karena cara memainkan tenis yaitu dengan memantulkan bola tenis ke permukaan lapangan menggunakan raket. perbedaan mendasar lainnya yaitu lapangan tenis memiliki ukuran lapangan yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran lapangan bulu tangkis.
Menurut peraturan dari PELTI dan ITF, lapangan tenis yang digunakan untuk pertandingan resmi memiliki ukuran sebagai berikut ini.
• Permainan tunggal
Panjang: 23,77 meter
Lebar: 8,23 meter
• Permainan ganda
Panjang: 23,77 meter
Lebar: 10,97 meter
Demikian informasi mengenai lapangan tenis. Semoga bermanfaat!