Jenis Transportasi Laut
Transportasi laut adalah alat transportasi yang lazim beroperasi di lautan. Transportasi laut sendiri punya beragam fungsi.
Alat transportasi laut merupakan transportasi pertama yang digunakan manusia untuk bepergian dengan jarak yang jauh. Alat transportasi laut terbagi menjadi alat transportasi laut tradisional dan ada alat transportasi laut modern. Istilah kapal layar sendiri lebih sering digunakan untuk menyebutkan transportasi laut yang ukurannya lebih besar. Pada zaman dahulu kapal layar digunakan untuk mengangkut lebih banyak manusia dan menjadi alat transportasi untuk mengunjungi kerajaan lewat jalur laut. Pada ukuran yang lebih kecil, istilah yang digunakan adalah perahu. Penggunaan perahu sendiri lebih ke arah untuk mencari ikan karena tidak bisa digunakan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah banyak. Adapun Beberapa jenis transportasi laut adalah:
1. Kapal Layar
Kapal adalah alat transportasi laut yang ukurannya lebih besar dari perahu dan menggunakan lebih daru dua layar. Dahulu, kapal digunakan oleh masyarakat untuk berlayar mencari tempat tinggal baru, atau melakukan kunjungan dari satu kerajaan ke kerajaan lain. Apakah teman-teman pernah mendengar nama Kapal Pinisi? Pinisi adalah kapal layar asli dari Indonesia. Selain itu, kapal layar di Indonesia juga digunakan untuk kegiatan wisata.
2. Kapal Penumpang
Kalau yang satu ini adalah alat transportasi yang dipakai untuk mengangkut penumpang. Pada zaman dahulu, alat transportasi ini dipakai sebagai pilihan utama untuk mereka yang pergi haji atau umrah. Jenis transportasi laut ini masih dipakai hingga sekarang. Di Indonesia, kapal penumpang lazim dijadikan alternatif bagi mereka yang hendak mudik. Khususnya mereka yang kampung halamannya ada di pulau lain. Kapasitas kapal penumpang begitu luas, sehingga bisa menampung banyak penumpang.
3. Kapal Penangkap Ikan
Ini adalah transportasi laut yang lazim dipakai oleh nelayan untuk menangkap ikan. Terutama, jika mereka hendak menangkap ikan dalam jumlah besar. Kapal ini dilengkapi dengan ruangan khusus untuk menyimpan ikan yang telah dilengkapi pendingin. Adanya pendingin membuat ikan hasil tangkapan bisa tetap segar. Bahkan saat kapal sampai di pelabuhan.
4. Kapal Tanker
Penambangan minyak tidak selamanya dilakukan di atas daratan. Beberapa kilang minyak terdapat di atas lautan di mana dibutuhkan kapal tanker untuk mengangkut minyak. Kapal yang berfungsi sebagai alat transportasi minyak ini memiliki teknologi yang lebih canggih. Navigasinya saja menggunakan satelit dan ukurannya super besar. Sebuah kapal tanker bisa memiliki panjang 378 meter dengan lebar 50 meter. Sedangkan berat kosongnya saja 167 ton.
5. Kapal Pesiar
Kapal ini merupakan salah satu jenis kapal layar modern yang fungsi utamanya adalah untuk membawa penumpang. Tujuan diciptakannya kapal ini bukan hanya mengangkut penumpang antar benua atau pulau tetapi untuk berlibur. Di dalam kapal pesiar sudah tersedia banyak fasilitas hiburan dari restoran, kolam renang sampai ballroom. Kapal pesiar akan berhenti di beberapa pelabuhan negara yang terkenal dengan rute tertentu.
6. Kapal Feri
Merupakan jenis kapal yang paling familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kapal ini digunakan untuk menyeberangi pulau dan ukurannya lebih kecil dibandingkan kapal layar. Ukurannya yang sedang tidak mengurangi kapasitas dan kekuatannya. Fungsi dari kapal feri adalah sebagai kapal penyeberangan, di Indonesia paling sering digunakan untuk menyeberangi selat. Kapal feri bisa digunakan untuk mengangkut penumpang maupun barang bahkan kendaraan seperti truk, bus dan mobil.
7. Kapal Kargo
Transportasi laut kapal lainnya ada juga yang khusus digunakan mengangkut barang saja. Istilah lainnya adalah kapal kargo, di mana barang akan dikemas dalam peti kemas. Jenis barang yang dikirim biasanya untuk kebutuhan ekspor dan impor. Fungsinya untuk mengangkut barang, membuat kapal ini berukuran sangat besar. Karena ukuran dari peti kemas atau kontainer juga sangat besar.
8. Kapal Tongkang
Merupakan transportasi laut yang cukup fleksibel dengan bentuk lebih datar. Di mana fungsi utamanya adalah untuk mengangkut barang. Bisa juga digunakan untuk mengangkut peti kemas namun jumlahnya tidak sebanyak kapal kargo. Keunikan dari kapal ini adalah bisa juga digunakan untuk melewati sungai yang cukup lebar. Sehingga jangkauan dari kapal ini lebih luas.
Itulah berbagai jenis transportasi laut yang hingga saat ini masih beroperasi dan banyak dibutuhkan manusia. Semoga bermanfaat!