Jenis Kapal Tercepat
Berbicara kapal laut, sering kali kita berpikirnya adalah kapal super besar yang menggunakan layar.
Kapal (bahasa Inggris: Ship) adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut (sungai dsb) seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci. Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnya di mana sebuah Perahu disebut Kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat. Berabad-abad kapal dipakai oleh manusia untuk mengarungi sungai atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang berukuran lebih besar yang dinamakan kapal. Ada beberapa kapal yang dirancang khusus untuk bisa bergerak super cepat sampai-sampai kamu yang mengendarainya kewalahan. Berikut adalah kapal yang tercatat sebagai kapal tercepat di dunia:
1. South Bay 925CR
Ini adalah kapal pontoon tercepat yang pernah ada. Hanya South Bay 925CR yang bisa menempuh kecepatan lebih dari 160 km/jam.
2. Cigarette Racing Team 50 AMG GTS
Bentuknya yang menyerupai batang rokok membuat kapal ini mampu bergerak cepat. Menariknya ini adalah kapal listrik dan digadang sebagai salah satu kapal listrik tercepat yang pernah ada.
3. Outerlimits SV-52
Banyak versi kapal ini, tapi SV-52 adalah yang tercepat. Kapal ini didesain untuk performa super cepat serta perjalanan yang stabil.
4. Mystic Powerboats C5000 Turbine
Yang membuat kapal ini cepat adalah adanya dua mesin dengan kekuatan 1850 tenaga kuda. Walaupun begitu, Mystic Powerboats tetap dibuat untuk bisa dinikmati oleh orang awam.
5. Nor-Tech 5200 Roadster
Roadster adalah kapal berukuran besar. Setidaknya 10 orang mampu muat di kapal ini. Selain tercepat, Roadster juga diakui sebagai kapal boat terkuat.
6. Problem Child
Alias anak bermasalah. Nama tersebut didapat kapal ini kemampuannya yang sangat cepat. Untuk mencapai kecepatan maksimum, kapal ini hanya membutuhkan waktu 3,5 detik saja.
7. Spirit Of Australia
Fakta unik kapal ini adalah kapal tercepat yang ada di dunia ini dirancang langsung di belakang rumah penemunya, Ken Warby. Spirit of Australia dipajang dalam Australian National Maritime Museum.
8. Bluebird K7
Bluebird lebih tepat disebut hydroplane. Bluebird sudah hadir cukup lama, yaitu sejak 1950an dan sering memegang rekor kapal tercepat yang pernah ada.
9. Skater 46 Pleasure
Perusahaan pembuat kapal ini menyebut Pleasure sebagai “Rolls Royce-nya power boat.” Kapal ini mampu menempuh kecepatan di atas 150 km/jam selama beberapa jam.
10. Nor-Tech 5200 Roadster
Roadster adalah kapal berukuran besar. Setidaknya 10 orang mampu muat di kapal ini. Selain tercepat, Roadster juga diakui sebagai kapal boat terkuat.
Nah itulah jenis kapal tercepat. Semoga bermanfaat!