Benda Langit Di Malam Hari
Istilah langit malam merujuk kepada langit yang terlihat pada malam hari.
Memandang langit malam, ada taburan bintang nan indah yang menghiasi malam gelap. Akan tetapi, tidak semua objek itu adalah bintang. Tentu saja ada Bulan yang wajahnya berubah dari setiap harinya. Tapi, di antara taburan “bintang” di langit itu, ada benda-benda lain juga. Mari kita berkenalan dengan titik-titik terang yang bisa dilihat dengan mata tanpa alat di malam hari. Berikut informasinya:
1. Bintang
Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahanya sendiri. Tidak heran, penampakannya kerap kali muncul pada malam hari. Untuk melihat Bintang pada malam hari juga tidak sulit, karena benda langit ini hampir selalu muncul. Anda cukup keluar pada malam hari, dan arahkan pandangan ke langit. Kerlap-kerlip Bintang jika cuaca cerah tidak kalah cantiknya dengan Bulan.
2. Planet
Ketika melihat langit malam, selain bintang, ada juga bintang yang posisinya berubah setiap hari dibanding bintang-bintang lainnya. Bintang ini dikenal sebagai bintang pengembara. Ternyata, benda terang yang bergerak ini bukan bintang melainkan planet. Planet-planet ini cukup terang sehingga bisa dilihat seperti bintang. Tapi ada bedanya. Jika diperhatikan, bintang itu berkelap kelip sedangkan planet tidak. Ini karena jarak planet jauh lebih dekat sehingga meskipun planet jauh lebih kecil dari bintang, jika dilihat dengan teleskop, bentuknya seperti piring super kecil bukan titik. Jadi ketika cahaya dari planet melewati atmosfer, tidak tampak pengaruh yang membuat planet berkelap kelip. Planet tidak punya cahaya. Cahayanya berasal dari cahaya Matahari yang dipantulkan oleh permukaan planet. Kalau dilihat dengan teleskop atau binokuler, planet tampak seperti lingkaran piring yang sangat kecil. Bahkan ada juga satelit atau bulan dari planet yang bisa dilihat seperti satelitnya Jupiter. Ada 5 planet yang bisa diilihat tanpa menggunakan teleskop yakni, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.
3. Komet
Penampakan benda langit yang satu ini pada langit malam hari terlihat spektakuler. Bagaimana tidak? Komet adalah benda langit yang komposisinya terbuat dari es dan debu. Pada saat mendekati Matahari, komet akan meleleh dan memperlihatkan pertunjukan spektakuler dengan ekornya yang panjang. Benda langit yang satu ini dapat dilihat di atas langit pada malam hari tanpa harus menggunakan alat bantu optik.
4. Asteroid
Benda langit yang satu ini sebenarnya cukup ditakuti oleh para peneliti karena ukurannya yang lebih besar dari meteoroid. Akan sangat berbahaya bila asteroid ini menghantam Bumi jika tidak diketahui kemunculannya sebelumnya. Berbicara tentang asteroid, benda langit ini kerap kali terbakar di atmosfer apabila meluncur ke arah Bumi. Meskipun ini menjadi salah satu pertahanan yang baik bagi Bumi, tetap saja keberadaan dan kemunculan asteroid secara tiba-tiba menjadi ancaman tersendiri bagi para peneliti.
5. Meteor dan Hujan Meteor
Di malam hari tampak juga titik-titik terang yang melesat cepat di langit. Mirip seperti bintang yang sedang berjatuhan. Fenomena yang dikenal sebagai bintang jatuh ini bukan bintang yang jatuh dari langit. Bintang jatuh itu adalah meteor, pecahan kecil asteroid dan debu komet yang memasuki atmosfer Bumi dan terbakar sehingga terbentuk seleret cahaya. Benda ini bergerak sangat cepat sehingga kita hanya melihatnya seperti lintasan cahaya yang melintas di langit. Ada meteor yang jatuh sampai ke Bumi tapi sebagian besar hanya melintas di langit. Setiap tahun, penduduk Bumi bisa menyaksikan peristiwa hujan meteor ketika Bumi melewati kumpulan debu di angkasa. Disebut hujan meteor, karena dalam satu jam ada puluhan sampai ratusan meteor yang melintas.
6. Bulan
Benda yang satu ini selalu mudah dikenali. Benda bulat yang bersinar terang di malam hari ini adalah Bulan. Piringan lingkaran Bulan ukurannya 29 – 33 menit busur atau setara dengan besar ibu jari tangan kanan. Bulan adalah satelit yang mengelilingi Bumi. Akibat dari Bulan bergerak mengelilingi Bumi, wajah Bulan yang menerima sinar Matahari jadi berubah-ubah sehingga kita bisa melihat Bulan yang bersinar penuh (Bulan Purnama), atau Bulan Sabit (yang tidak semua permukaannya menerima sinar matahari). Dalam sebulan, pasti ada saat ketika Bulan tidak tampak di langit malam sehingga kita bisa melihat lebih banyak bintang. Pada saat Bulan menghilang dari langit malam, sebenarnya Bulan justru muncul di siang hari. tapi kita sulit untuk melihat Bulan karena cahaya Matahari sangat terang. Tapi kadang kita masih bisa melihat Bulan di pagi hari atau sore hari.
Nah itulah benda langit yang bisa kamu lihat pada malam hari. Semoga bermanfaat!