Manfaat Semangka Kuning
Semangka merupakan salah satu buah populer yang banyak dijual di Indonesia. Buah berbentuk bulat dengan daging berwarna merah ini memiliki cita rasa manis dan mengandung banyak air.
Biasanya buah ini dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dengan berbagai jenis buah lain dalam hidangan salad buah yang menyegarkan.
Selain semangka berdaging merah, semangka kuning juga banyak diminati masyarakat. Meskipun tidak seperti warna semangka pada umumnya, namun semangka jenis ini memiliki cita rasa yang tak kalah lezat dan menyegarkan. Bukan hanya itu, semangka kuning juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien, polifenol, hingga serat makanan
Tidak salah jika semangka kuning masuk ke dalam daftar makanan sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari. Manfaat semangka kuning ini diketahui dapat menjaga kesehatan ginjal, meredakan panas dalam, hingga asupan yang baik untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh. Selain itu, semangka kuning juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif.
Jika Anda ingin mulai mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, buah semangka kuning bisa ditambahkan ke dalam daftar menu harian. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai camilan sehat atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti salad atau jus buah.
Berikut adalah manfaat semangka kuning dan kandungan nutrisinya.
1. Konsumsi semangka kuning membantu mencegah dehidrasi
Hal yang sering dialami ketika banyak kegiatan adalah dehidrasi. Ini disebabkan karena kebutuhan akan cairan dan mineral yang dibutuhkan saat saat beraktivitas cukup banyak.
Selain dengan minum air putih yang banyak, kamu juga bisa mencegah dehidrasi selama beraktivitas dengan rutin mengonsumi buah semangka. Kandungan cairan di dalam buah semangka dapat melengkapi kebutuhan cairan yang dibutuhkan selama kamu beraktivitas.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Saat banyak kegiatan kamu perlu mengonsumsi semangka kuning untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan sangat ekstra. Buah semangka mengandung antioksidan berbentuk likopen. Likopen inilah yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kamu berkativitas.
3.Meredakan Panas Dalam
Manfaat semangka kuning berikutnya yaitu dapat meredakan panas dalam. Serangan panas dalam memang sering kali terjadi ketika musim kemarau. Biasanya ini bia menimbulkan beberapa gejala seperti tubuh yang tidak nyaman, sakit kepala, dehidrasi, mual, hingga muntah.
Dalam hal ini, kandungan air yang melimpah pada semangka kuning dapat membantu mencukupi hidrasi tubuh dengan baik. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan kalium yang efektif menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh. Jika Anda mengalami gangguan panas dalam, konsumsi buah semangka dapat membantu mengurangi gejala.
4.Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Manfaat semangka kuning untuk kesehatan juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Sifat vasodilatasi kalium dalam semangka kuning dapat melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah secara efektif. Kondisi ini tentu membantu mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan baik.
Manfaat ini juga didukung oleh beberapa kandungan nutrisi lainnya seperti seng, magnesium, dan asam amino. Meskipun begitu, konsumsi semangka kuning disarankan dalam jumlah sedang. Sebab, jika mengonsumsi berlebihan, kandungan kalium pada semangka kuning dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat yang sangat rendah.
5.Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat semangka kuning selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan senyawa antioksidan lainnya seperti fitonutrien, polifenol, dan flavonoid dalam semangka kuning dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Berbagai kandungan ini juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker perut, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker perut, kanker payudara, dan kanker prostat.
6.Mengontrol Gula Darah
Mengontrol gula darah juga termasuk salah satu manfaat semangka kuning yang bisa Anda dapatkan. Mengonsumsi semangka kuning dalam jumlah sedang diketahui dapat mengatur kadar gula darah.
Dalam hal ini, kandungan serat pada semangka kuning dapat memperlambat penyerapan gula oleh aliran darah dan membantu dalam mengelola diabetes. Selain itu, kandungan arginine dan asam amino dalam semangka kuning meningkatkan efek insulin pada kadar gula darah dan mengelola penyakit diabetes dengan baik.
Itulah beberapa manfaat dari semangka kuning untuk kesehatan tubuh kita , rutinlah mengkonsumsi buah ini agar mendapatkan manfaat yang disebutkan di atas.