Fungsi Perahu Karet
Bencana banjir seringkali datang ketika musim penghujan tiba. Apabila musibah banjir terjadi pada suatu daerah, salah satu alat yang digunakan untuk memberikan pertolongan kepada orang yang terdampak banjir adalah perahu karet.
Jenis perahu yang sering digunakan oleh tim penyelamat tersebut ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan. Oleh sebab itu, Anda harus lebih mengetahui lagi informasi terkait perahu tersebut, termasuk manfaat dan jenis-jenisnya.
Berikut akan kita ulas mengenai manfaat dari perahu karet.
1.Alat Bantu Pertolongan
Umumnya, perahu karet dimanfaatkan sebagai alat bantu saat terjadi bencana seperti banjir. Tim penyelamat seringkali memakainya untuk melakukan evakuasi korban banjir. Selain itu, perahu ini dipakai untuk memberikan bantuan baik berupa makanan maupun minuman.
Salah satu jenis perahu yang mudah dibawa sekaligus digunakan dapat membantu untuk meringankan tugas dari tim penyelamat saat dilakukan penyelamatan dalam air.
2. Perahu Dimanfaatkan Sebagai Sekoci pada Kapal Besar
Manfaat lain dari perahu karet yakni sebagai perahu alternatif pada kapal-kapal besar. Keberadaan jenis perahu demikian dibutuhkan apabila terjadi kemungkinan terburuk. Maka dari itu, kapal besar perlu tersedia sekoci.
Keberadaan sekoci pada kapal besar merupakan salah satu jenis perahu dari karet yang bisa dikempes. Hal tersebut memudahkan saat dikembangkan saat dipakai.
Ketersediaan sekoci pada kapal besar juga tidak membutuhkan banyak tempat dan dipakai untuk penyelamatan penumpang apabila terjadi musibah pada kapal.
3.Untuk Keperluan Wisata
Indonesia kaya dengan potensi wisata alam dan wisata air yang penuh tantangan, contohnya adalah arung jeram. Akhir-akhir ini wisata yang memaci adrenalin ini cukup digemari, oleh sebab itu membutuhkan perahu karet yang lentur tetapi juga tidak mudah terbalik.
Lambung yang kembung dan disertai material yang kuat membuat perahu karet untuk wisata tahan terhadap benturan batu dan pinggir arum jeram.
4.Untuk Penjaga Pantai
Bila kalian wisata ke pantai, tanpa disadari ada petugas yang mengawasi obyek wisata tersebut. Perahu karet sangat diperlukan bila terjadi musibah wisatawan terserat ombak hingga ke tengah laut.
Biasanya penjaga pantai akan memperingatkan wisatawan yang berenang terlalu ke tengah. Bisa juga mereka menaiki perahu karet sesekali kontrol dan mengawasi tepi pantai.
Jenis-Jenis Perahu Karet
-Landing Craft Rubber Boat
Landing Craft Rubber Boat ini sering kita lihat saat evakuasi banjir,tim penyelamat sering menggunakan kapal ini ,kapal ini terbuat dari bahan alumunium,karena untuk menyelamatkan korban banjir maka kapal ini harus terbuat dari bahan yang tahan air.
-Rigid Buoyancy Boat
Perahu yang memiliki fasilitas galangan adalah jenis Rigid Buoyancy Boat.
Rigid Buoyancy Boat juga dilengkapi dengan tabung yang berasal dari aluminium agar tingkat keamanannya lebih tinggi serta memudahkan dalam perawatannya.
-Inflatable kayak
memiliki bahan dasar yang ramah lingkungan yaitu Nutrilon, Hypalon, serta PVC. Perahu tersebut dirancang dengan beberapa keunggulan yang dapat membantu penggunanya agar lebih nyaman ketika digunakan.
Di antara keunggulan-keunggulan inflatable kayak yaitu jika terjadi kerusakan dapat diperbaiki dengan mudah, lebih ringan, dan tidak butuh tempat penyimpanan yang besar. Tentu perahu ini sangat mudah di bawa kemana saja, biasa digunakan di arung jeram dan wisata air sebagainya.
Itulah beberapa fungsi dari perahu karet dan jenis-jenisnya.