Mengenal Peregrine Falcon
Burung elang alap-alap kawah atau Peregrine falcon dinobatkan sebagai hewan tercepat di dunia.
Alap-alap kawah (Falco peregrinus) atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung betina serupa, tetapi biasanya berukuran dan mempunyai paruh lebih besar dari burung jantan. Tempat perkembangbiakan alap-alap kawah meliputi wilayah daratan dari tundra hingga daerah tropis. Alap-alap kawah dapat ditemukan hampir diseluruh penjuru bumi, kecuali daerah kutub yang ekstrim, gunung yang sangat tinggi, dan sebagian besar hutan hujan tropis. Ini membuatnya menjadi salah satu predator yang sebarannya paling luas di dunia.
Peregrine falcon atau alap alap kawah merupakan spesies burung tercepat di bumi. Kecepatan terbangnya saat memburu mangsa bisa lebih dari 200 km/jam. Burung ini bisa tumbuh hingga setinggi 58 cm dan diameter sayap sepanjang 120 cm. Ukuran betina biasanya lebih besar 20 persen dari jantan. Ketika di alam liar umur mereka bisa mencapai 20 tahun. Burung ini membangun sarang di ketinggian seperti di tepi jurang atau bahkan di gedung tinggi yang terbengkalai. Dalam setahun mereka bisa menetaskan 1-6 ekor. Populasi burung ini dapat ditemukan di seluruh dunia kecuali di Antartika.
Alap-alap kawah dikenal sebagai pemburu tangguh. Mereka berburu mangsa di darat dan udara, seperti kelelawar, kelinci, dan burung lainnya. Elang ini hidup di seluruh benua di dunia, kecuali Antartika. Mereka menyukai ruang terbuka dan biasanya banyak dijumpai di sekitar pantai. Kendati begitu, alap-alap kawah juga bisa ditemukan di tundra hingga gurun. Mereka bahkan hidup di sekitar jembatan dan gedung pencakar langit di kota-kota besar. Burung dengan nama ilmiah Falcon peregrinus ini merupakan hewan karnivora alias pemakan daging. Mereka bisa tumbuh panjang tubuh 35 hingga 48 centimeter dengan lebar sayap 8 hingga 9 centimeter. Berat badannya 1 hingga 1,5 kilogram dan hidup selama 17 tahun.
Dijelaskan National Geographic, alap-alap kawah bisa bermigrasi sejauh puluhan ribu kilometer, terutama ketika musim bersarang tiba. Alap alap kawah di AS misalnya, dalam setahun mereka bisa melakukan perjalanan hingga 24 ribu kilometer. Namun, karena sistem navigasi dan naluri yang kuat, mereka bisa kembali ke tempat asalnya. Satu sarang alap-alap bakal digunakan berkali-kali oleh penerusnya, turun temurun dari generasi ke generasi, dan itu berlangsung hingga ratusan tahun. Populasi Peregrine falcon menurun drastis di abad ke-20 akibat dampak lingkungan, terutama karena penggunaan DDT dan pestisida kimiawi. Di Amerika Serikat, alap alap kawah masuk dalam kategori hewan terancam punah. Saat ini, program penangkaran burung Peregrine falcon sedang digalakkan pemerintah AS dan Kanada, dan telah meningkat dengan cukup pesat. Kini, populasi burung elang alap-alap kawah mulai berangsur membaik. Sementara di beberapa wilayah lain di dunia, burung ini masih tergolong banyak dan tidak terancam populasinya.
Demikian informasi mengenai burung Peregrine falcon. Semoga bermanfaat!