Melebatkan Bulu Kucing
Kucing yang memiliki bulu yang lebat merupakan impian semua pemiliknya.
Terlepas dari jenis kucing dan jenis bulunya, kucing yang memiliki bulu lebat biasanya terlihat lebih cantik dan menggemaskan. Namun, kucing juga termasuk hewan yang sensitif, sehingga bulunya lebih cepat rontok. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan yang tepat agar bulu kucing tetap lebat dan cantik. Obat melebatkan bulu kucing mulai bermunculan, namun alangkah baiknya menggunakan cara melebatkan bulu kucing secara alami. Seperti memandikan kucing, memberikan vitamin dan mineral, hingga menjaga suhu dan kebersihan ruangan. Langkah alami ini juga merupakan cara memperlakukan kucing secara baik dan benar. Selain sehat, bulu kucing lebat nampak sehat dan terawat. Setelah rutin menyisir tubuhnya cara menjaga agar bulu kucing tetap sehat dan bersih, bagaimana cara agar bulu kucing tetap lebat? Berikut informasinya:
1. Memberikan minyak ikan
Selain kuning telur, Mama bisa memberikan minyak ikan seminggu sekali untuk mencegah kerontokan bulu kucing. Minyak ikan mengandung asam omega 3 yang bisa membantu pertumbuhan bulu sekaligus melebatkan bulu kucing. Anda juga bisa mencampur minyak ikan dengan asam lemak omega 6 yang terkandung dalam kulit ayam atau minyak sayur. Kandungan nutrisi tersebut dapat menjaga daya tahan kulit kucing dari peradangan.
2. Rutin Menyisir Bulu Kucing
Sering menyisir bulu bisa memisahkan bulu yang rontok dari tubuh kucing. Pasalnya cara ini digunakan agar menghilangkan bulu kucing yang rontok, jika tetap menempel pada kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu lainnya. Ini karena bulu yang rontok bisa menutupi permukaan kulit di mana bulu baru akan tumbuh. Bulu yang tidak disisir juga bisa menggumpal bersama kotoran lainnya. Tentu menjadi penghambat cara melebatkan bulu kucing dengan alami.
3. Menjauhkan Kucing dari Kutu
Kutu bisa menjadi penyebab umum kerontokan rambut lainnya, meskipun secara teknis mereka tidak dianggap sebagai "penyakit". Kutu dapat mengiritasi kucing Anda dan menyebabkan mereka terlalu banyak merawat dan menggaruk, yang dapat membuat bulunya rontok seiring waktu.
4. Berikan Makan Kuning Telur
Makanan pilihan juga mempengaruhi pertumbuhan bulu kucing. Beberapa makanan mengandung protein seperti kuning telur efektif sebagai cara melebatkan bulu kucing secara alami. Kuning telur menawarkan banyak nutrisi termasuk protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan kucing. Nutrisi ini sangat membantu pertumbuhan dan pemeliharaan bulu dan kulit kucing. Kamu bisa memberikan kuning telur maksimal tiga kali seminggu. Berikan kuning telur saja, ini karena putih telur mengandung enzim yang disebut avidin yang menghambat penyerapan vitamin B biotin yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Selain itu, pastikan untuk memberikannya kuning telur matang. Telur yang mentah dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli dan salmonella.
5. Penuhi Vitamin dan Mineral
Cara melebatkan bulu kucing yang efektif selanjutnya ialah konsumsi vitamin dan mineral. Setiap vitamin dan mineral memiliki manfaat berbeda untuk kesehatan bulu kucing. Mineral seperti seng sangat penting untuk regenerasi bulu kucing, sementara vitamin membantu penampilan dan kekuatan bulu dan kulit. Kekurangan vitamin dan mineral pada kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu dan menyebabkan kerontokan. Kamu bisa memberikan vitamin dan mineral tambahan dalam bentuk suplemen. Suplemen ini bisa ditemukan di pet shop atau dokter hewan.
6. Hindari Kucing dari Stres
Kucing yang mengalami tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan bulunya rontok. Stres dapat disebabkan karena lingkungan yang tidak nyaman, adanya orang baru di rumah, adanya kucing baru di rumah, atau pindah rumah. Stres juga dapat membuat kucing tidak nafsu makan yang membuat bulu rontok dan bahkan sakit. Maka dari itu, pastikan untuk mengatasi segala hal yang menyebabkan kucing stres. Jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya dibawa ke dokter hewan.
7. Rutin memandikan kucing
Cara lainnya untuk melebatkan bulu kucing, yakni perhatikan kebersihan kulit dan bulunya. Anda perlu memandikan kucing secara rutin untuk menghilangkan sisa-sisa bulu rontok dan serpihan kulit mati. Mama perlu memandikan kucing setidaknya sekali dalam sebulan. Namun, jangan terlalu sering memandikan kucing. Sebab, hal itu bisa menghilangkan kandungan minyak esensial alami pada bulunya. Gunakan sampo khusus kucing untuk menghindari iritasi pada kulit dan bulu kucing.
Nah itulah cara melebatkan bulu kucing. Semoga bermanfaat!