Jenis Sawah Terasering
Terasering atau sengkedan sering kita lihat didaerah-daerah pegunungan, terutama di lereng-lereng gunung.
Ketika bepergian ke daerah dataran tinggi atau pegunungan, kita sering melihat pemandangan indah berupa hamparan sawah yang bertingkat- tingkat. Masyarakat biasa menyebut sawah bertingkat tersebut dengan nama sengkedan. Bercocok tanam dengan teknik sengkedan ini lebih dikenal dengan istilah terasering. Terasering umumnya digunakan sebagai lahan pertanian oleh masyarakat disana namun sekarang terasering lebih digunakan sebagai konservasi lingkungan yakni dengan ditanami pohon-pohon untuk mencegah terjadinya erosi atau longsor.
Berikut jenis sawah terasering:
1. Teras kredit
Pengertian teras kredit adalah terasering dengan bentuk guludan tanah atau batu yang sejajar dengan kontur. Jenis terasering ini menggabungkan guludan tanah dan saluran air menjadi satu. Untuk pembuatan teras kredit syaratnya adalah kemiringan lereng antara 3% sampai 10% dan kedalaman tanah harus lebih dari 30 cm. Tanah yang akan dibuat terasering jenis ini harus memiliki daya resap air yang tinggi, tidak boleh ada posisi tanah yang rawan longsor. Pembuatan teras kredit memerlukan banyak pekerja dan sebaiknya dibuat di daerah yang jarang terjadi hujan lebat.
2. Teras datar
Jenis terasering yang ketiga adalah teras datar atau teras sawah (level terrace). Teras datar dapat didefinisikan sebagai suatu teras dengan bentuk tanggul yang sejajar kontur, serta dilengkapi saluran air di bagian atas dan bawah tanggul. Dalam pembuatan teras datar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu kelerengan lahan harus kurang dari atau sama dengan 3 persen, kedalaman tanah kurang dari 30 cm, tanaman yang ditanam adalah tanaman musiman dan berada pada daerah dengan curah hujan rendah. Selain itu, kondisi permukaan tanah tidak boleh berbatu dan dibuat di daerah yang tingkat resapan airnya cukup tinggi sehingga tidak terjadi genangan serta aliran air melewati tebing teras. Tujuan dari pembuatan teras datar adalah untuk membuat lapisan tanah tetap lembab dan memperbaiki aliran air.
3. Teras individu
Berikutnya ada teras individu yang berarti suatu teras yang berdiri sendiri untuk masing-masing tanaman. Ukurannya berbeda tergantung jenis tanaman yang dipilih. Pembuatannya terbilang sederhana, karena hanya perlu menggali tanah pada tempat yang akan ditanami, kemudian menimbun tanah hasil galian ke lereng bagian bawah hingga landai.
4. Teras Kebun
Jenis terasering berikutnya dibuat sejajar kontur dengan bagian lain yang dibiarkan seperti keadaan aslinya. Artinya, lahan pada teras kebun letaknya berada di antara dua teras yang bersebelahan dibiarkan tidak diolah.
5. Teras bangku
Definisi dari teras bangku adalah suatu teras yang dibuat dengan memotong lereng sehingga bidang olah miring ke belakang (reverse back slope) dan membentuk deretan bangku. Teras bangku dilengkapi dengan saluran pembuangan air dan ditanami rumput untuk menguatkan teras. Syarat pembuatan teras bangku hampir sama dengan teras guludan, hanya saja dapat dibuat di daerah dengan daya serap air yang rendah. Meski demikian, teras bangku sulit diterapkan pada pertanian yang menggunakan mesin pembajak yang besar serta membutuhkan modal banyak dalam pembuatannya.
6. Teras Saluran
Jenis satu ini lebih dikenal dengan sebutan rorak atau parit buntu. Secara umum, pembuatan teras saluran merupakan teknik konservasi tanah dan air berupa pembuatan lubang-lubang buntu yang dibuat untuk meresapkan air ke dalam tanah sekaligus menampung sedimen-sedimen dari bidang olah.
7. Teras batu
Jenis teras yang terakhir adalah teras batu. Teras ini menggunakan batu sebagai dinding dengan jarak yang disesuaikan di sepanjang garis kontur pada lahan miring. Pembuatan teras batu sangat baik diterapkan pada lahan yang memiliki banyak batu dan kerikil. Teras ini dapat difungsikan sebagai persiapan dalam pembuatan teras bangku. Tujuan dari pembuatan teras batu adalah memanfaatkan batu- batuan yang berada dipermukaan tanah sehingga lahan bisa digunakan untuk bercocok tanam.
Nah itulah jenis sawah terasering. Semoga bermanfaat!