Mengenal Kucing Chartreux
Chartreux adalah jenis kucing langka dari Perancis , dan diakui oleh sejumlah pendaftar di seluruh dunia.
Chartreux adalah ras Prancis yang telah ada selama berabad-abad. Kucing-kucing ini dikenal karena bulunya yang pendek berwarna biru keabu-abuan dan sikapnya yang pendiam. Kucing chartreux dikenal memiliki tubuh yang tambun dengan mata kucing berwarna tembaga dengan sorot mata yang tajam. Kucing chartreux jantan memiliki bobot badan sebesar 4,5 - 7 kg, sedangkan kucing betinanya memiliki bobot sebesar 2,7 - 5 kg. Meskipun kekar, Chartreux adalah kucing yang sangat lentur dan gesit, halus, tidak pernah kasar. Kucing Chartreux juga dikenal karena "senyum" mereka karena struktur kepala dan moncongnya yang meruncing, mereka sering terlihat tersenyum. Chartreux adalah pemburu yang luar biasa dan sangat dihargai oleh para petani.
Jika anda melihat kucing ras ini, anda pasti akan teringat dengan kucing ras british shorthair. Sekilas melihat keduanya memang akan nampak mirip sekali. Namun tetap ada perbedaan yang signifikan. Dibawa pertama kali oleh biarawan asal perancis dari daerah timur, dan dikembangbiakkan di paris. Ras kucing ini sempat menghilang pada perang dunia ke dua, dan populasinya kembali lagi setelah kerja keras dari para peternak. Warna bulu kucing chartreux yang bertektur wol, memiliki dua lapis mantel dengan ketebalan bervariasi. Tergantung tempat tinggal, cuaca dan usia dari kucing tersebut. Perawatan kucing ras ini pun amat sangat mudah. Anda tidak perlu terus terusan memandikannya. Karena ia bukanlah jenis kucing dari ras berbulu panjang, kucing chartreux tidak membutuhkan perawatan rutin.
Kucing keren ini mandiri dan agak menyendiri. Mereka memang mencintaimu , tapi mereka cukup pintar untuk menghibur diri mereka sendiri. Mengikuti Anda dari kamar ke kamar atau tidur di tempat tidur Anda adalah cara-cara kecil mereka menunjukkan cinta mereka tanpa terlalu intim. Chartreux tidak akan pernah menuntut kasih sayang Anda, tetapi dia akan selalu menghargai perhatian Anda. Kucing Chartreux cenderung pendiam, jarang mengeluarkan suara seperti mengeong atau menangis, dan ada pula yang bisu. Mereka cukup jeli dan cerdas. Kucing Chartreux adalah kucing yang suka bermain hingga dewasa; beberapa dapat diajarkan untuk mengambil benda-benda kecil dengan cara yang sama seperti anjing. Chartreux baik dengan anak-anak dan hewan lainnya. Mereka tidak agresif, penyayang, pengelana yang baik, dan umumnya sangat sehat. Hidup dengan Chartreux, Anda mungkin harus jeli seperti hewan peliharaan Anda. Karena kucing bersuara lembut ini tidak mungkin membuat banyak suara jika ada sesuatu yang mengganggu mereka, perhatikan baik-baik kebiasaan dan temperamen mereka dan perhatikan perubahannya.
Semakin banyak orang yang mengenal kucing baik hati ini, semakin bqnyak pula yang akan mengadopsinya menjadi hewan peliharaan. Tidak hanya sampai disitu, dikenal sebagai kucing pemburu yang pintar. Diceritakan bahwa kucing chartreux belajar untuk membuka kunci pintu. Kucing ini juga sangat setia, konon dikisahkan kucing ini menunggu satu majikannya pulang hingga akhir hayatnya. Namun asosiasi sertifikasi kucing seluruh dunia di inggris menolak memberikan pengakuan terhadap kucing pintar ini. Dikarenakan bentuk tubuh dan bulunya yang begitu menyerupai british shorthair.
Demikian informasi mengenai kucing chartreux. Semoga bermanfaat!