Makna Bunga Daffodil
Daffodil atau bunga bakung adalah Kembang yang melambangkan harapan dan kehidupan yang baru.
Bunga Daffodil atau biasa dikenal dengan Narcissus (nama latin) ini beberapa spesiesnya dibudidayakan menjadi tanaman hias yang akan berbiak pada musim semi. Tanaman ini berasal dari Asia, Eropa, dan Afrika Utara dengan pusat keanekaragaman di Mediterania Barat, khususnya semenanjung Iberia. Bunga ini memiliki beberapa spesies yang dibudidayakan menjadi tanaman hias dan tumbuh subur pada musim semi.
Tanaman bunga hias ini berasal dari Asia, Eropa, dan Afrika Utara dengan pusat keanekaragaman di Mediterania Barat, khususnya semenanjung Iberia. Daffodil atau biasa disebut juga dengan tanaman bakung yang memiliki arti musim semi dan kelahiran kembali. Bunga berbentuk terompet ini hadir dalam berbagai ukuran dan warna. Daffodil memiliki warna kuning cerah dengan beberapa varietas berwarna putih atau kuning pastel dan beberapa bahkan berwarna merah muda atau hijau. Daffodil disebut juga sebagai bunga musim semi. Karena warna kuningnya yang cerah, bunga ini digambarkan sebagai sinar matahari yang mengakhiri musim dingin, yang membawa keceriaan dan rasa optimis menyambut hangatnya musim semi. Karena bunga bakung tumbuh di setiap musim semi, orang-orang melihatnya sebagai simbol pembaruan energi dan inspirasi. Rangkaian bunga daffodil dapat menjadi pilihan kado yang tepat untuk seorang yang lahir di bulan maret.
Tumbuhan yang tumbuh dan berkembang di Eropa ini memiliki berbagai jenis. Tidak hanya itu saja ciri yang ada pada tiap jenis juga berbeda. Memiliki 6 kelopak dengan warna yang terperinci dan ujungnya menyerupai terompet kecil. Umumnya, Anda lebih banyak menemui bunga ini dengan warna kuning, namun faktanya ada beragam warna yakni putih, pink, cream, dan Orange. Di habitatnya, bunga ini bisa tumbuh sampai dengan 60 cm. Di negara China, bunga ini dianggap sebagai bunga pembawa keberuntungan karena tumbuh di awal tahun. Bunga ini juga menjadi simbol tahun baru Imlek di negeri tirai bambu tersebut. Meskipun terlihat cantik, sebaiknya jangan menggunakan bunga ini ke dalam campuran makanan apapun. Karena faktanya, bunga ini memiliki racun yang berbahaya saat dimasak.
Di Amerika, bunga daffodil dipakai oleh American Cancer Society sebagai lambang harapan kesembuhan dari penyakit kanker. Di negara Wales, bunga ini dianggap mewakili sifat kesetiaan karena dia selalu tumbuh di waktu yang sama setiap tahunnya. Di wilayah Mediterania, daffodil dikembangbiakkan oleh orang Yunani. Kemudian oleh orang Roma dibawa ke Inggris karena dikira getahnya memiliki khasiat kesehatan dan dapat mengobati penyakit. Padahal kenyataannya, bagian getahnya mengandung kristal yang dapat mengiritasi kulit. Sekarang daffodil banyak dikembangbiakkan di Belanda dan Inggris Raya. Disana terdapat sekitar 13.000 varietas hibrida. Mulai dari kembang warna kuning, putih, hingga campuran antara pink dan oranye.
Demikian informasi mengenai makna bunga daffodil. Semoga bermanfaat!