Pengertian Dari Danau
Danau, situ, telaga, atau tasik adalah daerah perairan yang terbentuk secara alami, berupa basin air yang sangat luas.
Secara umum, danau adalah daerah perairan yang terbentuk secara alami, berupa basin air yang sangat luas. Dalam pengertian yang lebih luas, danau dapat didefinisikan sebagai cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air tawar ataupun asin dalam jumlah yang relatif banyak yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Air danau berasal dari sungai, air tanah, dan hujan. Pada umumnya, sifat air danau adalah tawar. Namun, ada beberapa danau yang asin, terutama di daerah pantai, dan danau yang asam, biasanya berupa kawah gunung berapi.
Danau rata-rata memiliki kedalaman yang dangkal dan airnya berasal dari berbagai macam sumber seperti mata air, air tanah, air sungai, dan air hujan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, atau gletser, es ini menutupi aliran air keluar danau. Selain mempunyai kedalaman yang cukup dalam, danau juga mempunyai tanaman yang menutupi sebagian dari tepi danau itu sendiri. Namun hal ini merupakan sesuatu yang tidak selalu ada di danau. Ada pula danau yang tidak ditutupi oleh tanaman di sebagian tepinya. Tanaman- tanaman yang hidup atau tumbuh di danau ini biasanya jenis tanaman air seperti enceng gondok, dan jenis ganggang.
Danau merupakan salah satu bentuk ekosistem yang menempati suatu wilayah yang relatif kecil pada permukaan bumi. Wilayah yang ditempati suatu danau lebih kecil dibandingkan dengan laut dan daratan. Danau memberikan dampak yang positif bagi masyakat yang tinggal disekitaran wilayah danau. Dalam danau juga terdapat gelombang. Meskipun air di danau ini bersifat menggenang, namun ternyata danau juga bisa mempunyai gelombang. Namun gelombang yang ada di danau ini hanyalah gelombang yang kecil dan hanya terdapat di permukaan saja, tidak seperti lautan yang mempunyai gelombang hingga di kedalaman tertentu. gelombang yang ada di danau ini bisa disebabkan oleh angin yang menerpa permukaan danau tersebut.
Danau ini juga mempunyai karakteristik khusus. yakni mempunyai permukaan yang lebih tinggi daripada permukaan air laut. Kebanyakan danau ini memang berada di daratan yang mempunyai ketinggian lebih (dataran tinggi). Daerah yang tinggi akan memudahkan cekunagn danau terisi lebih banyak air. Air yang berada di danau ini diantaranya diperoleh dari hujan yang turun. Danau memiliki fungsi utama untuk menstabilkan aliran air. Selain itu, danau juga mempunyai fungsi ekonomi yang sangat tinggi, yaitu untuk penyediaan air bersih, baik untuk minum, irigasi, dan industri, juga untuk perikanan budidaya maupun perikanan tangkap. Jika dikelola dengan benar, maka danau akan berfungsi secara optimal sebagai penyangga kehidupan. Penjagaan kuantitas dan kualitas air danau diharapkan dapat menjamin ketersediaan air baku sepanjang daerah alirannya. Fungsi lain dari danau yaitu adalah sumber air, penopang fungsi biodiversitas, sarana transportasi dan olah raga dan wisata, peredam fluktuasi banjir di sungai, sumber dan tempat pembentukan protein, pengendali toksisitas di badan air, sumber yang mengisi air tanah, pengendali iklim, serta posisinya yang sentral dalam tradisi, budaya, maupun religi.
Demikian informasi mengenai danau. Semoga bermanfaat