Pengertian Pegunungan
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak pegunungan, karena hampir di setiap pulau di Indonesia terdapat gunung.
Pegunungan atau disebut juga Banjaran dan Barisan merupakan suatu area geografis berupa rentetan dari beberapa gunung-gunung atau bukit yang terkait secara geologis yang membentuk suatu deret atau bentangan. Pegunungan yang dibatasi oleh dataran tinggi atau terpisah dari pegunungan lain dengan melewati punggung gunung atau lembah. Di Bumi, pegunungan biasanya terbentuk dari pergerakan lempeng tektonik melalui sederetan proses. Pegunungan juga ditemukan di Planet selain Bumi di Tata Surya dan merupakan bentang alam yang umum dijumpai pada Planet kebumian.
Pegunungan merupakan kumpulan atau rangkaian dari gunung dan bukit. Ketinggiannya lebih dari seribu meter di atas permukaan air laut. Pegunungan dapat berupa daerah gunung berapi. Bisa juga berupa gunung tidak berapi. Contohnya: Pegunungan Jayawijaya, Pegunungan Bukit Barisan, Tengger, Kapuas Hulu, dan sebagainya. Dalam rangkaian pegunungan kadang terdapat gunung yang masih aktif. Contohnya: Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Pegunungan biasanya memiliki ketinggian sekitar 600 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan, dataran tinggi berada pada ketinggian sekitar 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut.
Pegunungan yang terdiri dari barisan gunung memiliki puncak-puncak yang curam dan terjal. Hal tersebut membuat pegunungan lebih sulit didaki daripada dataran tinggi. Pegunungan terbentuk karena gerakan konvergen atau tabrakan antar dua lempeng tektonik. Tabrakan antar lempeng menyebabkan terlipatnya kerak bumi dan membentuk gugusan gunung. Tabrakan lempeng benua dan samudra dapat membentuk pegunungan berapi yang magmanya bisa keluar dari gunung.
Adapun karakteristik tempat wilayah peguungan ini. Antara lain:
- Memiliki topografi yang bergelombang
- Memiliki cadangan air tanah dalam jumlah yang sedikit
- Aktivitas masyarakat di pegunungan paling dominan adalah berkebun. Hawanya yang dingin menjadikan pegunungan tidak cocok untuk pertanian karena kurang subur
- Pegunungan umumnya memiliki kondisi yang kurang ramah untuk tumbuhan dan hewan. Ini mengarah pada adaptasi evolusioner yang sangat berbeda bagi tanaman dan hewan yang membuat elevasi yang lebih tinggi sebagai rumah mereka
Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia berkisar pada permukaan benua itu adalah 7.000 kilometer (4.300 mil) panjangnya. Lingkup Himalaya berisi gunung tertinggi di permukaan bumi, yang tertinggi adalah Gunung Everest. Cordillera Arktik adalah sistem gunung utara dunia dan berisi titik tertinggi di Amerika Utara bagian timur. Pegunungan terpanjang di dunia adalah Mid Oceanic Ridge, yang bergerak di dasar laut dari lima lautan di seluruh dunia; pegunungan itu memiliki panjang 65.000 kilometer (40.400 mil), dan panjang total sistem adalah 80.000 kilometer (49.700 mil).
Demikian informasi mengenai pegunungan. Semoga bermanfaat!