Mengenal American Shorthair
Kucing bulu pendek amerika (American Shorthair) adalah salah satu ras kucing dari Amerika Utara.
Asal Ras Kucing American Shorthair dari benua Eropa dan mulai dikembangkan di Amerika pada tahun 1620 kemudian dikenal dengan nama American Shorthair seperti saat ini. Jadi, disanalah ras kucing ini pertama kali berkembang. Awalnya, Kucing American Shorthair dikenal dengan nama "bulu pendek/short hair", dan berubah pada tahun 1960-an, dengan nama "bulu pendek domestic/domestic shorthair". Selanjutnya pada tahun 1966, namanya kemudian berubah lagi menjadi "bulu pendek amerika/American shorthair" sampai sekarang. Karena memiliki bulu dengan corak yang berbeda, membuat kucing ini memiliki harga yang sangat mahal di masa lalu.
Kucing American Shorthair dipercaya sebagai salah satu kucing berjenis domestik dan merupakan keturunan dari kucing Eropa. Mereka dibawa ke Amerika Utara sekitar tahun 1620 oleh orang-orang terdahulu guna menghalau jumlah tikus pada masa itu. Sementara, pemuliaan pertama American Shorthair berlangsung pada 1904. Sebelum disebut American Shorthair, kucing ini punya beberapa nama. American Shorthair memiliki nama asli Shorthair, yang kemudian berubah menjadi Domestic Shorthair. Sementara nama American Shorthair baru disematkan sekitar tahun 1965. Meski bernama America, mereka, sekali lagi, bukan berasal dari Negeri Paman Sam, melainkan Inggris. Sebab, pada 1900, kucing berpola tabby dari jenis tersebut sudah ada di negara itu.
Tidak seperti Anggora yang punya bulu lebat dan panjang, kucing American Shorthair ini berbulu pendek, yang berasal dari Amerika. Kucing ini memiliki penampilan yang menarik, dan memiliki kepribadian yang sangat manis dan penyayang. Karena penyayang, maka tak heran jika kucing ini bisa dijadikan peliharaan, atau teman hidup di dalam sebuah keluarga. Sekilas, kucing ini memiliki ciri fisik tubuh yang kekar dan naluri berburunya yang sangat alamiah. Selain bentuk tubuhnya, motif bulu kucingnya juga sangat variatif, dan semua terlihat menarik dan unik. Awalnya, kucing ini memang dipelihara sebagai kucing pemburu yang memiliki tugas utama, dalam membasmi hama dan hewan pengerat seperti tikus. Meski begitu, kucing ini memiliki tingkah yang manis, dan dikenal sangat setia kepada majikannya.
Ciri ciri kucing American Shorthair bisa dilihat dari ukuran badannya yang tampak lebih besar dibanding ras kucing lain. Akan tetapi jika dilihat lebih seksama tidak terlalu panjang. Ukuran dari tubuhnya berkisar antara 50 cm. Untuk mencapai ukuran maksimal pada kucing American Shorthair biasanya berkisar di umur 3-4 tahun. Kucing ini memiliki ciri khususnya juga pada kakinya. Ciri khusus itu ialah ukuran dari keempat kakinya berukuran besar, tidak terlalu panjang dan sedikit gemuk. Ekor dari ras kucing ini memiliki bentuk agak besar dengan bulu yang tebal menutupinya. Kucing ini juga dikenal memiliki kesehatan yang baik dibanding kucing ras yang lain. Untuk ciri ciri kucing American Shorthair dari segi fisik khususnya ukuran bulunya masuk dalam kategori pendek. Bulu dari ujung kepala sampai ekornya ukurannya cukup pendek. Untuk corak warna yang dimiliki ras kucing ini terdiri dari 2 warna. Warna dari corak ras kucing ini ialah putih dan hitam. Tidak hanya memiliki 2 corak warna yaitu putih dan hitam, untuk pola yang dimilikinya sedikit unik. Polanya yaitu belang-belang menyerupai pola corak pada hewan zebra. Seiring perkembangannya corak yang dihasilkan oleh kucing ini mengalami perkembangan dan beragam warna.
Demikian informasi mengenai kucing american shorthair. Semoga bermanfaat!