Cagar Alam Terbaik
Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam yang karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya.
Ribuan cagar alam di dunia dijadikan tempat konservasi yang dilestarikan supaya bisa dinikmati hingga ratusan tahun kemudian. Mulai dari lanskap yang memesona, kehidupan satwa liar, hingga flora yang unik. Seperti cagar alam yang berfungsi melindungi flora, fauna, dan lingkungan di dalamnya. Berikut ini cagar alam terbaik di dunia:
1. Greater Yellowstone
Meliputi taman nasional Yellowstone dan Grand Teton serta hutan nasional di sekitarnya. Dengan luas mencapai 30.000 mil persegi, taman nasional ini kaya akan satwa liar. Grizzly dan beruang hitam, serigala abu-abu, puma, bison, rusa, domba bighorn, dan kambing Rocky Mountain adalah beberapa di antaranya.
2. Great Barrier Reef
Inilah mozaik terumbu karang terluas di dunia. Terletak di lepas pantai timur laut Australia, tidak diragukan lagi Great Barrier Reef adalah salah satu tujuan apik wisata liar di dunia, terutama bagi mereka yang hobi snorkeling atau menyelam. Memiliki hampir 3.000 terumbu karang dan gundukan pasir di Coral Sea, Great Barrier Reef merupakan pelabuhan bagi ratusan spesies karang, termasuk 5.000 hingga 8.000 jenis moluska, lebih dari 1.300 spesies krustasea, hingga ikan paus. Di sini, Anda juga bisa menemukan sekitar 1,7 juta sarang burung laut, enam jenis penyu yang mencari makan dan bersarang, juga buaya muara.
3. Cagar alam Masai Mara, Afrika
Cagar alam ini merupakan salah satu yang terkenal di Kenya. Cagar alam Masai Mara merupakan tempat berkumpulnya Cheetah Tanzania, macan tutul Afrika dan migrasi rusa kutub setiap tahun. Di cagar alam ini, tercatat ada 95 jenis mamalia, amfibi dan reptil dan lebih dari 400 spesies burung
4. Gran Paradiso National Park
Gran Paradiso National Park adalah salah satu kawasan lindung terpenting sekaligus taman nasional pertama di Italia.
5. Taman Nasional Ranthambore
Taman nasional yang terletak di India ini adalah salah satu tempat untuk Anda bisa melihat kehidupan harimau Bengal. Hutan kering, bukit terjal, dan jurang dari Aravali dan Vindhya adalah penampungan yang pas bagi harimau Bengal yang menakjubkan, bersama dengan kawanan rusa sambar, sekawanan lutung, serigala yang berkeliaran, dan beruang yang bermalas-malasan. Musim kemarau adalah saat yang tepat untuk berkunjung ke sini.
6. National Elk Refuge, Wyoming
Cagar alam ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. Dengan luas 24.700 hektare, kawasan tersebut merupakan tempat tinggal 47 mamalia yang hanya ada di elk Refuge, dan hampir 175 jenis burung.Tempat ini sekarang menjadi hunian hingga 7.000 rusa, bison , domba bighorn, dan hewan lainnya.
7. Northeast Greenland National Park
Cagar alam terbesar di dunia adalah Northeast Greenland National Park, luasnya 900.000 kilometer persegi. Sebagian besar tertutup es abadi.
Nah itulah cagar alam terbaik di dunia. Semoga bermanfaat!