Jembatan Tertua Di Dunia
Jembatan merupakan bangunan penghubung antara satu tempat dengan lainnya. Tanpa jembatan maka kita tak bisa menyeberangi sungai.
Jembatan mungkin adalah sesuatu yang kebanyakan orang modern anggap remeh. Sepertinya jembatan selalu ada di area yang mungkin tidak dapat diakses, tetapi tidak selalu demikian. Karena kegunaannya, jembatan muncul pada masa kebangkitan peradaban pertama di Mesopotamia Kuno. Jembatan awal ini adalah bangunan sederhana yang terbuat dari kayu gelondongan, batu, dan tanah, yang berarti jembatan dari periode ini tidak dapat bertahan. Dengan beberapa pengecualian, jembatan tertua yang ada di dunia diciptakan oleh orang Romawi kuno, yang dianggap sebagai pembangun jembatan terbesar di zaman kuno. Mayoritas jembatan dalam daftar ini masih digunakan sampai sekarang dan menjadi landmark bersejarah.
Berikut ini jembatan tertua di dunia:
1. Band-e Kaisar Jembatan Valerian
Jembatan lengkung batu ini didirikan di tempat yang saat ini dikenal dengan nama Shushtar, Iran. Bangunan tersebut dibangun di sekitar tahun 260 sampai 270 masehi. Menurut sejarah Persia, jembatan ini diberi nama oleh Kaisar Romawi Valerian yang ditangkap bersama seluruh pasukannya oleh penguasa dari Sassanid Shapur I. Saat ini Band-e Kaisar merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.
2. Tarr Steps
The Tarr Steps adalah jembatan clapper kuno (bentuk jembatan yang banyak ditemukan di Moor Devon, Inggris) yang terletak di seberang Sungai Barle di Taman Nasional Exmoor di Somerset, Inggris. Tidak ada yang tahu pasti berapa usia pengantin wanita tetapi Tarr Steps bisa berasal dari setidaknya 1000 SM. Tarr Steps terdiri dari 17 lempengan raksasa (total panjang 180 kaki) dan dianggap sebagai contoh terbaik dari jembatan clapper. Jembatan tersebut telah rusak dalam beberapa tahun terakhir oleh air banjir tetapi telah dibangun kembali.
3. Jembatan Karavan
Jembatan Karavan atau juga dikenal dengan jembatan di atas Sungai Meles ini terletak di Izmir, Turki. Menurut Guiness Book of World Records, jembatan ini masuk ke dalam daftar jembatan tertua yang masih digunakan. Disebutkan bahwa jembatan ini dibangun sejak 850 sebelum Masehi dan tidak diketahui sosok pembuatnya.
4. Anji Bridge
Jembatan Anji yang juga dikenal sebagai Jembatan Zhaozhou, adalah jembatan tertua di China, dibangun pada tahun 605 M. Dirancang untuk pertahanan sehingga namanya pun diambil terjemahan "Jembatan Penyeberangan Aman". Pada akhirnya, Jembatan Anji ini direkayasa untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Saat itu, jembatan ini merupakan jembatan yang paling modern secara teknis, karena memiliki busur terbesar sehingga memenangkan penghargaan; Dipuji sebagai tonggak ke-12 teknik sipil internasional oleh American Society of Civil Engineers dan mendapat monumen perunggu. Walau pun sudah berumur ratusan tahun, Jembatan Anji masih kokoh dan kuat dipakai jembatan penyeberangan. Konstruksi yang tidak memotong sudut apapun sesuai disainnya. Tidak aneh kalau jembatan tersebut telah bertahan dalam hempasan banjir selama lebih dari 10 kali, gempa bumi yang tak terhitung jumlahnya, sementara dalam rentang waktu usia yang panjang, jembatan ini hanya membutuhkan perbaikan sembilan kali.
Nah itulah jembatan tertua di dunia. Semoga bermanfaat!