Jenis Kelinci Termahal
Kelinci adalah hewan mamalia lucu yang banyak dibudidayakan oleh para peternak.
Bukan cuman sebagai hewan hias saja karena ada jenis pedaging yang dimanfaatkan untuk dikonsumi seseorang nantinya, di mana masing-masing jenis ataupun ras tentu memiliki harga berbeda.
Mungkin saat ini kamu penasaran jenis kelinci apa saja yang masuk dalam kategori “sultan”? Sebelum kita melanjutkan membahas tentang jenis kelinci termahal, kalian harus tahu apa saja faktor yang menyebabkan jenis kelinci tertentu memiliki harga mahal.
Perbedaan Kualitas Kelinci
-. Pet
Jenis kelinci yang masuk dalam kategori pet memang hanya diperuntukkan sebagai kelinci peliharaan. Kelinci yang masuk jenis ini tidak layak untuk dijadikan kelinci breeding (peternakan) dan show (kontes).
-. Brood
Jenis kelinci yang masuk dalam kategori ini adalah yang memenuhi syarat sebagai kelinci ternak (indukan). Biasanya yang masuk dalam jenis brood adalah kelinci yang secara fisik sebenarnya layak masuk dalam kategori show namun karena ada kekurangan pada fisiknya mereka belum bisa bersaing dalam show.
-. Show
Kelinci yang masuk jenis kelinci show (pertunjukan) sudah dipastikan memiliki kualitas fisik yang memenuhi standar (SOP). Tidak hanya fisik saja yang harus ditampilkan oleh si kelinci. Kelinci level show juga harus memiliki temperamen yang baik.
Kelinci kelas show memiliki silsilah keturunan yang jelas dan murni serta memiliki dokumen-dokumen pendukung yang otentik seperti pedigree dan tatto ear number.
Jenis Kelinci Termahal
1. Kelinci Holland Lop
Kelinci holland lop, dari namanya kamu sudah bisa menebak kalau kelinci ini merupakan jenis kelinci yang berasal dari Belanda. Kelinci ini dikembangkan oleh seorang peternak bernama Adriann de Cock pada sekitar tahun 1950 an sampai dengan tahun 1952, dan jenis ini diakui mulai tahun 1964.
Kelinci holland loop merupakan kelinci dengan bentuk tubuh yang kerdil, dengan berat sekitar 1,8 kg. Kelinci ini terlihat lucu dengan tubuhnya yang gempal dan kepalanya yang berbentuk bundar. Satu ciri khasnya yaitu telinganya yang turun membuat kelinci ini terlihat semakin gemas.
2. Kelinci English Spot
Sesuai namanya, kelinci ini memang berasal dari dataran Inggris, dan merupakan persilangan antara Anggora, Patagonian, Dutch, Silver, English Lop, Himalaya dan Flamish Giant. Kelinci jenis ini memiliki keunikan pada bulunya yang berwarna hitam putih dan bercorak unik.
Meskipun dikenal dengan warna hitam dan putih, namun Kelinci English Spot ini memiliki kombinasi warna lain seperti abu-abu, hitam, serta putih yang membuatnya lebih bervarian dan memiliki tampilan makin cantik serta menggemaskan.
3. Kelinci Netherland Dwarf
Jenis kelinci hias termahal ini memiliki ukuran terkecil dibanding yang lainnya. Tanda yang bagus pada si mungil ini semakin kecil telinganya. Hewan ini masih jarang dijual karena harganya yang mahal. Selalu perhatikan dalam menjaganya, karena banyak predator yang mengincar.
Tetapi hewan ini benci untuk dikurung. Sesekali biarkan bermain-main di luar kandang dengan penjagaan yang ketat. Supaya tidak ada tekanan dalam jiwanya. Binatang ini pun sangat aktif.
4. Kelinci Flemish Giant
Nah, kelinci termahal yang menempati posisi kedua adalah jenis Flemish Giant.
Tubuhnya lebih besar dari jenis kelinci lain, sehingga terlihat sangat gemuk serta menggemaskan. Ukuran tubuh Flemish Giant bisa mencapai 50,8 cm dengan bobot 15 kg apabila tumbuh dengan baik. Sementara, telinganya memanjang ke atas dengan ukuran hingga 15 cm.
Tidak heran harga kelinci ini mencapai Rp10 juta per ekor ketika dewasa. Sebagai catatan, apabila ingin memelihara kelinci ini, pastikan membeli kandang yang besar agar ia tetap leluasa bergerak.
5. Kelinci Rex
Pada akhir dekade kedua abad ke-20 atau lebih tepatnya tahun 1919 yang lahir seekor anak dari kelinci abu-abu liar yang berbulu mantel mewah seperti halnya beludru, selain itu juga salah satu jenis kelinci mini tersebut memiliki bulu pelindung dua kali lebih tebal daripada jenis hewan bertelinga panjang lainnya.
Kelinci Rex ini memiliki ciri khas yakni bulu pendek seperti karpet. Dan bahkan sampai banyak penggemar yang impor dari luar negeri untuk bisa memelihara varietas unggul dalam spesies kelinci ini.
Jenis kelinci rex carpet inilah yang masuk ke dalam kategori kelinci termahal yang bisa dimanfaatkan dagingnya, selain itu juga bisa dijadikan sebagai indukan terbaik yang akan menghasilkan keturunan berkualitas dengan tubuh besar serta juga bulunya halus bisa dijadikan kelinci hias dengan harga sekitar Rp 4.000.000/ekor untuk umur 3 bulan.