Jenis-Jenis Burung Merak
Burung merak adalah burung yang memiliki bulu cantik dan indah. Merak merupakan salah satu burung yang masih berkerabat dengan ayam hutan.
Jenis unggas cantik ini menghabiskan hidupnya di darat, namun di situasi tertentu merak juga bisa terbang tinggi contohnya saat merasa terganggu atau dikejar musuh. Di dunia burung, merak dinobatkan sebagai burung tercantik dan terindah didunia. Kenapa begitu? Karena warna burung merak memiliki corak yang bagus serta berwarna warni terutama pada ekor merak jantan saat mekar.
Selain itu, dibagian kepala terdapat bulu seperti mahkota yang semakin menambah keindahan burung merak ini. Saat burung merak mengembangkan ekornya maka akan terlihat sangat cantik. Namun hanya merak jantan saja yang mempunyai ekor menawan, merak betina tidak. Karena ekor menawan pada merak jantan berfungsi untuk menarik perhatian merak betina saat musim kawin tiba.
Burung merak terbagi menjadi 3 kategori yaitu merak biru, merak hijau dan merak putih. Ada pula burung merak kongo dan burung merak blorok.
-. Merak Biru
Jenis burung merak yang pertama adalah burung merak biru atau yang sering disebut indian peacock. Indian peacock ini sebelumnya banyak ditemukan di wilayah Asia Timur. Burung Merak Biru in berwarna biru cerah pada wajah dan juga ekornya. Selain itu, bulu-bulu ekor burung merak biru ini memiliki pola titik-titik yang berbentuk mata.
Anda bisa melihat keindahan bulu ekor tersebut saat burung merak mulai mengembangkan ekornya dengan sempurna. Burung merak membutuhkan waktu berkisar antara lima hingga enam tahun hingga bulu ekornya benar-benar menampilkan pola dan warna yang indah. Meski butuh waktu yang cukup lama untuk menyempurnakan bulu ekornya, namun Anda pasti akan merasa puas saat melihat keindahan tersebut.
Suara burung merak biru juga terdengar sangat keras, terlebih ketika sedang memikat sang betina.
-. Merak Hijau
Merak hijau adalah salah satu dari 3 jenis spesies merak yang populasi nya tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Jawa (Indonesia).
Seperti namanya, bulu merak hijau dominan berwarna hijau pekat dengan campuran biru sedikit.
Banyaknya pemburuan liar yang berkeliaran, mengakibatkan burung merak hijau terancam punah. Saat ini merak hijau masuk dalam jenis hewan yang dilindungi oleh pemerintah.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1999, merak hijau masuk dalam hewan yang dilindungi dan tidak boleh diperjualbelikan.
Ciri-ciri merak hijau :
• bulu berwarna hijau keemasan
• dibagian kepala terdapat jambul tegak
• ukuran panjang merak hijau bisa sekitar 3 meter
-. Merak Putih
Burung merak putih merupakan burung merak yang dapat dijumpai di India dan Sri Lanka. Jika spesies burung merak pada umumnya memiliki warna yang hijau dan biru maka merak ini memiliki warna putih sepenuhnya. Begitu juga pada jambulnya berwarna putih bersih sehingga semakin rupawan. Mungkin kalian mengira warna putih tersebut dikarenakan mereka albino namun sebenarnya warna tersebut didapat dari mutasi genetik yang disebut dengan leucistik.
Kecantikannya tersebut tentu saja membuat banyak orang ingin memilikinya. Akibatnya burung merak putih semakin langka hingga tidak bisa ditemukan di alam liarnya. Mereka hanya dapat ditemukan di suaka margasatwa.
-. Merak Kongo
Merak Kongo atau dalam nama ilmiahnya Afropavo congensis adalah salah satu burung dari tiga spesies merak dan spesies ini merupakan satu-satunya burung merak yang berasal dari marga Afropavo dan merak yang terdapat di Afrika. Merak Kongo pertama kali ditemukan oleh Dr. James Chapin sebagai spesies baru ke dunia pengetahuan pada tahun 1936. Penampilannya menyerupai burung merak Pavo dari Asia yang masih muda. Burung Merak Kongo jantan dewasa berukuran besar dengan panjang mencapai 70 cm dan memiliki bulu berwarna biru gelap dihiasi warna hijau dan ungu mengkilap. Kulit lehernya berwarna merah dan di atas kepalanya terdapat jambul tegak berwarna putih. Sedangkan burung Merak Kongo betina berwarna coklat dengan bulu pada bagian sayap dan di bagian belakang tubuhnya berwarna hijau mengkilap serta pada bagian kepala terdapat jambul berwarna coklat.
-. Merak Blorok
Jenis burung merak blorok merupakan hasil mutasi genetik dari jenis burung merak hijau dan putih atau merak biru dan putih atau dari ketiga jenis burung merak. Burung merak blorok mulai dikembangkan sekita tahun 1992 di amerika serika. Pada umumnya, merak blorok 80% lebih dominan dari merak jantan dan 20% dari merak betina.