Ciri Kucing Sedih
Kucing juga bisa merasakan sedih. Namun, perasaan sedih kucing disampaikan dengan cara yang berbeda dengan cara manusia.
Banyak kucing yang ramah dan aktif. Namun, ketika Anda tiba-tiba melihat kucing Anda diam dan tenang, itu bisa menjadi pertanda kesedihan. Banyak pengasuh gagal mengenali tanda-tanda kucing yang depresi dan sedih. Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai penyebab kesedihan pada kucing dan cara terbaik untuk membuatnya bahagia. Ciri-ciri kucing sedih dapat dilihat dari perubahan perilaku yang dialaminya. Kucing sedih bisa menjadi tanda adanya sesuatu di dalam diri si kucing, seperti sakit atau sedang stres. Maka dari itu, pemilik harus mewaspadai apabila kucing mengalami perubahan perilaku.
Berikut ciri-ciri kucing sedih:
1. Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh yang diperlihatkan padamu, juga bisa menjadi petunjuk perasaan yang sedang kucing alami. Contohnya saat ekor kucing diselipkan ke tubuhnya, atau daun telinganya menghadap belakang. Hal itu jadi pertanda kucing sedih.
2. Bulu Rontok
Ciri-ciri kucing sedih selanjutnya, yaitu bulunya mulai rontok. Apabila tiba-tiba bulu kucing mulai rontok, bisa menjadi kucing Anda sedang stres dan sedih. Ini bisa terjadi akibat perubahan hormon yang disebabkan oleh stres pada kucing. Selain rontok, bulu kucing juga terlihat tampak kusam. Anda bisa amati perbedaan ini saat bulu kucing sedang normal dengan bulu kucing yang sedang sedih dan stres.
3. Perubahan Suara
Tanda pertama kucingmu sedang sedih adalah perubahan suara atau intesitasnya. Nada suara kucingmu akan terdengar melengking dan terasa getir. Kucing yang sedih akan mengeong lebih sedikit dari biasanya. Sebaliknya jika biasanya kucingmu pendiam, ia bisa mengeraskan suaranya. Kucing yang mendengkur biasanya menandakan kalau ia merasa nyaman. Akan tetapi, itu juga bisa menjadi ciri kalau dia sedang tidak bahagia. Dengkurannya ia gunakan untuk menghibur diri sendiri.
4. Tidak berenergi
Kucing biasanya banyak tidur. Kucing yang depresi bahkan akan tidur lebih banyak. Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam pola tidur kucing Anda, itu berarti mereka mungkin tidak bahagia. Kehabisan energi adalah tanda bahaya untuk perilaku kucing yang tidak bahagia, menunjukkan masalah mental atau fisik.
5. Tidak Merawat Dirinya
Kucing yang sedang merasakan sedih, juga biasanya tidak merawat dirinya sendiri. Misalnya, ia menjadi jarang menjilati bulunya, atau lebih banyak diam.
6. Sering Bersembunyi
Salah satu ciri-ciri kucing sedih yang paling umum adalah sering bersembunyi. Ya, kucing yang suka bersembunyi bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang stres dan sedih. Maka dari itu, jika kucing Anda lebih sering bersembunyi, ada baiknya segera cepat menanganinya. Kucing juga akan mengalami perubahan sikap saat sedih, seperti lebih galak dan agresif. Apabila kucing Anda yang tadinya bersifat kelem tiba-tiba mendadak galak, bisa menjadi pertanda bahwa kucing sedang mengalami guncangan jiwa.
7. Tidur Berlebihan
Semua juga tahu kalau hampir semua jenis kucing memiliki hobi tidur. Kebanyakan kucing akan menghabiskan waktu 12 sampai 16 jam sehari untuk tidur. Kucing yang sedih akan menghabiskan waktu tidur lebih banyak dari itu seolah-olah ia tidak memiliki energi untuk bergerak. Tidak hanya menambah durasi tidurnya, kucing juga akan berpindah lokasi tidur.
8. Kehilangan Nafsu Makan
Jika kucingmu tiba-tiba terlihat malas makan, bisa jadi itu menjadi pertanda lainnya kalau ia sedang sedih. Padahal, biasanya kucing merupakan hewan penuntut yang mengeong keras seolah-olah tidak diberi makan selama berbulan-bulan. Kucing sedih akan mengabaikan makanan yang telah disediakan, bahkan jika itu makanan favoritnya sekalipun. Camilan yang biasanya ia cicipi pun dibiarkan begitu saja. Hal ini akan berpengaruh pada bobotnya yang bisa berkurang drastis.
9. Agresif
Seekor kucing sedih menjadi lebih agresif. Contoh tindakan agresif pada kucing termasuk mendesis, menggigit, mengejar, dan menggeram. Jika Anda melihat perilaku seperti itu, mungkin ini saat yang tepat untuk menemui dokter hewan.
Nah itulah beberapa ciri kucing sedih yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!