Ciri Kucing Manja
Hewan peliharaan, termasuk kucing memiliki caranya sendiri untuk mengkomunikasikan perasaan mereka terhadap pemiliknya.
Bagi pecinta hewan, memiliki kucing dapat mendatangkan kebahagiaan. Saat sedang galau, bermain-main dengan kucing yang lucu dapat membuat pikiran lebih tenang. Faktanya, kebanyakan kucing mencintai pemiliknya dan itu didukung oleh bukti ilmiah. Hasil temuan penelitian oleh tim Oregon State University menyebut kebanyakan kucing "terikat" dengan pemiliknya. Peneliti mengamati 70 anak kucing berusia antara 3-8 bulan. Mereka menemukan mayoritas anak kucing (64 persen) memiliki keterikatan dengan pemiliknya dan merasa aman. Di sisi lain, sejumlah pakar hewan mengemukakan tanda-tanda yang menunjukkan kucing bahagia dengan pemiliknya.
Berikut ini ciri kucing manja kepada pemiliknya:
1. Memberi 'Hadiah'
Mungkin beberapa kucing sering memberikan hadiah seperti mainannya, barang-barang aneh yang tidak tau dari mana asalnya, atau bahkan hewan mati (buruannya). Dengan cara ini mereka seakan-akan memberikan 'penghargaan' terhadap seseorang, dan artinya kucing itu sangat menyukai sosok tersebut. Konsultan Perilaku Hewan Bersertifikat Amy Shojai menulis, “Kucing suka memberi hadiah. Kucing pemburu perkasa yang menangkap segala sesuatu mulai dari mainan hingga serangga, tikus atau katak, sering berbagi hadiah dengan yang mereka cintai. Kucing yang memberikan hadiah ini pantas dipuji. ”
2. Minta Dipeluk dan Dielus Sewaktu-waktu
Setiap melihat kucing menghampiri dengan gayanya yang menggemaskan, pasti membuat kita luluh. Enggak heran kalau mereka minta dipeluk atau dielus, pemilik langsung menurutinya. Namun, ternyata hal ini bukanlah kebiasaan yang baik. Apalagi kalau kucing tiba-tiba menerobos masuk ke kamar cuma untuk minta dipeluk oleh pemiliknya. Hal ini bisa membuat kucing bertindak semaunya dan susah diatur.
3. Selalu Ditanggapi saat Mengeong
Ada banyak isyarat yang disampaikan kucing saat mengeong pada pemiliknya. Sebenarnya, boleh-boleh saja menanggapi perilaku kucing yang satu ini. Namun, jangan dibiarkan terus-menerus. Selalu menanggapi kucing yang mengeong membuatnya merasa bisa mendapat apa pun yang mereka inginkan dari pemilik.
4. Menggigit
Anak kucing menunjukkan rasa sayangnya satu sama lain dengan perilaku menggigit yang lucu. Kucing kesayanganmu mungkin melakukan hal yang sama kepadamu. Namun jika gigitan anak kucing itu terasa sakit, jangan bereaksi buruk karena bisa mengagetkannya. Coba alihkan perhatiannya dengan mainan lainnya.
5. Tidur di Pangkuan
Salah satu tanda kucing menyayangi pemiliknya yang meyakinkan adalah, dia senang tidur di atas pangkuanmu. Sebagai hewan pemburu, kucing selalu waspada terhadap perasaan dan tetap memilih tempat tidur yang nyaman. Dengan tidur di pangkuanmu, kucing sedang menunjukkan dirinya paling tidak berdaya dan percaya penuh kepadamu.
6. Berani Tidur di Kasur
Banyak pemilik yang senang kalau kucingnya tidur di kasur. Bahkan, rela membiarkan mereka menguasai sebagian besar kasur. Ternyata, hal ini bisa membuat kucing merasa berkuasa dan bertindak semaunya sendiri. Selain itu, tidur bersama kucing enggak baik untuk kesehatan manusia.
7. Mengulet di Kaki
Mengulet-ulet adalah saat kucing seperti mencakar-cakar kecil namun tidak sakit, dipermukaan yang lembut seperti kulit manusia. Cara ini adalah yang terbaik menunjukkan bahwa kucing merasa nyaman berada di tempat tersebut, atau bahkan jika mereka mengulet di kaki, artinya mereka sangat menyukai seseorang tersebut. Menurut penyedia informasi kesehatan hewan terbesar, PetMD, "jika seekor kucing meringkuk dan seperti meremas saat berada di pangkuan, maka artinya dia sangat menyayangi Anda. Semakin ia mengeluarkan cakarnya, semakin bahagia kucing itu di sekitar anda."
Nah itulah beberapa ciri kucing manja kepada pemiliknya. Semoga bermanfaat!