Mengenal Kucing Munchkin
Kucing Munchkin adalah jenis kucing yang punya penampilan fisik berbeda dengan kebanyakan kucing pada umumnya.
Kucing munchkin adalah salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami. Ras ini baru mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, negara asalnya. Karena kakinya yang pendek, munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia. Munchkin ada yang berbulu panjang dan pendek. Karena keunikan ras kucing ini, munchkin sering dipersilangkan denga ras lain. Munchkin adalah nenek moyang dari beberapa ras kucing berkaki pendek baru, yaitu nenek moyang ras skookum (persilangan dengan ras laperm), ras minskin dan bambino (persilangan dengan ras sfinks), ras lambkin (persilangan dengan ras rex selkirk), ras genetta (persilangan dengan ras bengal), dan ras napoleon (persilangan dengan ras persia, himalaya, dan eksotis).
Dengan ciri kaki pendek dan tubuh yang mungil kucing munchkin merupakan salah satu kucing terpendek dan kucing terkecil didunia. Kaki kucing munchkin ada yang sejajar antara depan dan belakang dan ada juga yang kaki belakang lebih panjang daripada kaki depan bahkan ada juga yang memiliki kaki normal seperti kucing pada umumnya yaitu disebut dengan munchkin non standar. Bobot atau berat badan kucing munchkin hampir sama dengan kucing ras lainnya yaitu 2 kg – 3kg namun ada juga beberapa kucing munchkin yang bisa mencapai 4kg atau bahkan lebih.
Kondisi kaki pendek pada kucing Munchkin disebut sebagai kondrodisplasia, yakni dwarfisme yang tidak proporsional, bila seluruh kakinya pendek, maka kucing tersebut masuk pada kelompok kucing munchkin standart. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Online Mendelian Inheritance In Animal (Omia.org), mengungkapkan bahwa kondrosiplasia ini terjadi mutasi secara alami, yang diketahu terpisah menjadi tipe kaki panjang dan kaki pendek. Masih dari sumber yang sama menjelaskan, hasil CT kaki depan kucing jantan Munchkin standar usia 4 tahun mengalami pemendekan semua tulang panjang distal dan proksimal termasuk humerus, radius, ulna dan metacarpalia. Adapun persentase pemendekan tulang-tulang tersebut mencapai 70 persen dibandingkan dengan ukuran normal kucing pada umumnya.
Banyak masyarakat yang merasa ngeri karena bentuk fisik munchkin yang berbeda dari kucing lainnya. Mereka juga menganggap bahwa pembiakan munchkin tidak etis lantaran melanggengkan cacat fisik. Walau begitu, para ahli mengatakan bahwa ras munchkin memiliki kondisi yang normal dari segi kesehatan. Kucing ini bisa hidup hingga 15 tahun layaknya ras kucing lain. Beberapa tahun belakangan sudah ada beberapa organisasi kucing seperti WCF,TICA yang sudah mengakui ras munchkin sehingga kucing ini sudah bisa mengikuti show atau lomba kucing seperti kucing ras lainnya. Pada awalnya sebelum ada organisasi yang mengakui kucing munchkin, kucing munchkin masih bisa mengikuti show namun dalam kategori domestik.
Demikian informasi mengenai kucing munchkin. Semoga bermanfaat!