Tanda Kucing Merasa Bosan
Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang mandiri karena mampu merawat diri sendiri dan menghibur diri sendiri.
Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa merasakan kebosanan. Salah satu penyebab kucing bosan adalah kurangnya aktivitas yang bisa mereka lakukan karena pada dasarnya mereka masih memiliki naluri berburu dan menjelajah. Terutama jika kucing merupakan hewan peliharaan dalam ruangan, kucing yang bosan bisa saja menghibur dirinya dengan buang air keil di luar kotak kotoran atau bergelayutan di gorden.
Berikut ini tanda kucing merasa bosan :
1. Self grooming secara berlebihan
Kucing suka menjaga penampilannya untuk tetap bersih dan melakukan self grooming atau perawatan diri setiap waktu. Tetapi jika tiba-tiba mereka melakukan self grooming lebih sering dan mutah bulu lebih banyak, kemungkinan kucing merasa kesepian dan bosan.
2. Mendadak lebih manja dan sering menempel
Kucing yang mendadak lebih manja dari biasanya mungkin menjadi tanda mereka sedang bosan dan kesepian. Selain itu, apabila kucingmu tiba-tiba lari mendekatimu dan tidur di pangkuanmu, itu bisa jadi tanda mereka bosan dan kesepian. Untuk itu, cobalah memerhatikan perhatian pada kucing ketika mereka menunjukkan tingkah tidak biasa seperti itu.
3. Bersembunyi dan tidak mau berinteraksi
Kucing akan menyembunyikan diri saat merasa takut, sakit, atau kesal maka seringkali kita menganggapnya sebagai sesuatu yang negatif. Ketika kucing bersembunyi di dalam atau bawah lemari ini merupakan salah satu pertanda mereka bosan. Bersembunyi memang tidak membuat mereka merasa lebih baik, anabul ini juga melakukannya tanpa alasan.
4. Tak berhenti mengeong
Jika kucing terus mengeong, dia mungkin sedang ingin mengatakan bahwa dia merasa bosan. Kucing mengeong juga bisa menjadi pertanda bahwa kucing sedang ingin mencari perhatianmu.
5. Melupakan litter box
Ketika kucing merasa bosan, terkadang mereka lupa menggunakan litter box-nya supaya mendapatkan perhatian lebih. Tentu saja hal ini seringkali membuat Anda frustasi, oleh karena itu sering-seringlah bermain dengan mereka supaya anabul ini tidak cepat bosan.
6. Makan banyak dan tidak banyak bergerak
Kucing yang lebih muda sering mencoba menghibur diri sendiri dengan menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Ini menjadi lingkaran setan dan membuat kesehatannya memburuk. Kucing yang kelebihan berat badan akan malas bergerak dan enggan bermain. Lalu, seperti pada manusia, perilaku ini akan membuat adanya tekanan pada persendian, dan dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes.
7. Agresif terhadap hewan atau orang
Kucing yang bosan atau kesepian cenderung lebih agresif terhadap ketenangan sehingga selalu berusaha menyerang hewan lain atau orang yang dilihatnya.
8. Merusak rumah Jika kamu punya bayi atau anggota keluarga yang baru atau lebih sering meninggalkan rumah dan kucing mulai kencing di bantal, itu bukan karena dendam. Kucing seringkali melakukan hal ini di tempat tidur pemiliknya. Perilaku merusak lainnya termasuk memanjat dan berayun dari tirai. Kucing juga bisa saja menggaruk furnitur atau menjatuhkan vas.
Nah itulah beberapa tanda kucing merasa bosan. Semoga bermanfaat!