Mengenal Rubah Merah
Rubah merah merupakan hewan pemakan daging yang memiliki ukuran badan yang kecil.
Rubah merah (Vulpes vulpes) adalah mamalia pada ordo karnivora. Di Britania Raya dan Irlandia, rubah merah disebut "rubah" pada tempat yang tidak terdapat kanid liar asli. Rubah ini habitatnya terletak di Kanada, Alaska, Amerika Serikat, Eropa, Afrika Utara dan Asia, termasuk Jepang. Rubah merah diperkenalkan di Australia pada abad ke-19. Seperti namanya, bulu rubah ini berwarna merah kecoklatan.
Rubah merah merupakan hewan yang dapat dengan mudah beradaptasi dalam berbagai habitat, termasuk gurun, hutan, dan pegunungan. Selain kemampuannya dalam beradaptasi dalam habitat, hewan yang dipandang cerdas dan licik ini juga dapat beradaptasi dalam berbagai musim, baik musim panas maupun dingin. Rubah merah memiliki hubungan kerabat dengan hewan anjing dan srigala. Sifat Rubah Merah dikenal dengan agresif dan kurang ramah terhadap manusia. Tapi di Negara-negara Eropa Rubah Merah menjadi hewan peliharaan. Rubah merah tersebar di seluruh Eropa, Benua Asia dengan Negara beriklim sedang seperti Jepang dan cina, Afrika Utara, dan Amerika Serikat. Pada abad ke19 rubah merah dibawa ke benua Australia.
Selain jadi karnivora, Rumah Merah juga termasuk hewan yang memakan segalanya atau omnivora. Itu karena sifat Rubah Merah yang dapat beradaptasi terhadap lingkungannya. Pada musim dingin, sumber makanan rubah merah akan bergantung pada predator besar. Mengapa demikian? Itu karena para predator seperti singa gunung akan semakin aktif berburu mangsa saat musim dingin datang. Jadi, rubah merah akan diuntungkan karena bisa mendapat jatah dari sisa makanan hasil buruan para predator besar. Selain itu, hewan omnivora ini dapat memangsa hewan kecil disekitarnya seperti serangga, kadal, tikus, kelinci,burung,reptile kecil,ikan dan bebek. Di negara Amerika Utara rubah merah dilaporkan bisa membunuh bebek liar sebanyak satu juta setiap tahunnya. Untuk jenis tanaman rubah merah juga dapat memakan biji-bijian seperti biji bunga matahari, buah apel, buah blackberry, buah plum, dan sayuran.
Rubah merah memiliki ciri-ciri fisik dengan ukuran yang paling besar di spesies rubah dengan tinggi sekitar 74 Inci dan berat rata-rata 9 pound. Rubah merah memiliki warna yang tidak selalu kemerahan, perpaduan warna merah perak dan hitam dengan bentuk salib diatas. Untuk didaerah ekor rubah merah berwarna berkarat dan terkadang ujungnya berwarna putih, perut rubah merah berwarna putih. Dinegara Eropa populasi Rubah Merah sampai masuk ke daerah perkotaan. Untuk proses makan Rubah Merah akan mengais sampah dan memakan sisa-sisa makanan manusia. Rubah merah yang hidup diperkotaan akan rentan terkena penyakit kulit menular seperti kudis sarcoptic. Rubah merah juga sering terkena penyakit yang disebebkan karena adanya parasite dikulit rubah merah.
Demikian informasi mengenai rubah merah. Semoga bermanfaat!